MANGUPURA, BALIPOST.com – Untuk meningkatkan penggunaan uang elektronik atau Unik dalam melakukan transaksi saat melintas di Jalan Tol, berbagai program mulai diberikan pihak PT Jasamarga Bali Tol (JBT). Bahkan, berdasarkan data dari Humas Jasamarga Bali Tol, saat ini telah terjadi peningkatan penggunaan Unik di jalan tol. Dari semula sekitar 14%, kini sudah meningkat menjadi sekitar 19%.

Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Karim, peningkatan ini memang dirasa masih belum signifikan karena sosialisasi baru dilakukan secara parsial. Meskipun demikian, pihak JBT tetap memberikan apresiasi kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan tol, yang telah mulai bangkit kesadarann untuk menggunakan Unik. “Kita berikan apresias yang tinggi kepada pengguna jalan tol. Kesadaran menggunakan Unik itu sesungguhnya wujud apresiasi dan kepatuhan masyarakat terhadap kebijakan Pemerintah,” ujarnya.

Dalam rangka turut menyukseskan program Pemerintah yaitu Gerakan Nasional Non Tunai serta dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, pihak JBT akan kembali memberikan diskon tarif tol di ruas Jalan Tol Bali Mandara. Secara rinci Tito menjelaskan bahwa diskon tarif tol 10% tersebut akan diberlakukan selama 7 hari, dari hari Senin (4/9) mulai pukul 06:00 dan akan berakhir pada Minggu (10/9) pukul 2100. “Khusus bagi pengguna jalan tol yang bayar tolnya menggunakan Unik atau uang elektronik kita akan berikan potongan tarif tol sebesar 10%, untuk semua golongan kendaraan, dari tanggal 4 sampai 10 September 2017,” ucapnya.

Baca juga:  Uniknya Desa Budaga

Ditambahkan Tito, kebijakan ini juga merupakan salah satu pendorong bagi masyarakat di Bali, khususnya pengguna jalan tol. Karena mulai Oktober 2017, layanan transaksi tol di seluruh jalan tol di Indonesia sudah tidak lagi menggunakan uang tunai (cash) melainkan beralih menggunakan Unik atau uang elektronik. “Untuk itu kita dorong masyarakat supaya mulai beralih dan membiasaka diri menggunakan Unik. Selain praktis, transaksi lebih cepat, bisa mengurangi antrian kendaraan di gerbang tol, juga multi guna, bisa digunakan untuk belanja di toko swalayan,” tambahnya.

Setelah pemberlakuan diskon tersebut, JBT bersama Bl dan Perbankan penerbit Unik akan bersinergi melakukan sosialisasi dan edukasi secara massif, antara lain melalui kegiatan grand-launching, fun rally, talk-show, SMS blast, dan lain-lain. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.