BNI mengoperasikan BLG untuk mengantisipasi dampak gangguan satelit Telkom 1. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Bali NTB dan NTT atau BNI telah melakukan beberapa langkah strategis untuk mengantisipasi dampak gangguan satelit Telkom-1 yang berlangsung sejak Jumat (25/8). Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB dan NTT Putu Bagus Kresna mengungkapkan bahwa saat ini layanan ATM BNI telah berangsur normal.

Data terakhir pada 25 Agustus, dari total 1.005 ATM yang tersebar di Bali dan Nusra terdapat 80 ATM yang terdampak. Sampai dengan Senin (28/8) tersisa 48 ATM yang masih terdampak, dengan rincian Bali 28 ATM, NTB 14 ATM dan NTT 6 ATM. “BNI telah melakukan beberapa langkah antisipasi, sehingga layanan kepada nasabah tidak banyak terganggu,” jelasnya.

Baca juga:  Dapat Jatah 53 Kali Kampanye, Ini Jumlah Awal Dana Kampanye Paslon

Beberapa langkah penanganan yang telah dilakukan BNI diantaranya dengan mengoperasikan fasilitas mobil BNI Layanan Gerak (BLG) yang dapat melayani transaksi perbankan secara mobile di beberapa lokasi strategis. Seperti, di area Pelabuhan Gilimanuk dan Benoa Bali serta Pelabuhan Tenau Kupang NTT.

Selain itu BNI juga telah membentuk team khusus bekerjasama dengan vendor ATM (PT. Swadharma Sarana Informatika) untuk memonitor aktivitas ATM secara ketat khususnya ATM yang diperkirakan akan mengalami lonjakan transaksi karena memback up ATM yang masih terdampak gangguan tersebut. “Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak Telkom terkait kemungkinan migrasi jaringan komunikasi,” lanjutnya.

Baca juga:  Layani Penukaran UKA, BNI Jalin Kerjasama dengan APVA

Lebih lanjut, Kresna juga menjelaskan bahwa jumlah ATM BNI yang tidak terdampak dan beroperasi normal jumlahnya jauh lebih banyak sehingga nasabah diharapkan tetap tenang dan tidak perlu panik. “Nasabah juga bisa memanfaatkan fasilitas e-channel BNI lainnya untuk kemudahan dan kenyamanan bertransaksi, seperti Internet Banking, Phone Banking, Mobile Banking dan SMS Banking,” tutupnya.

Ia meyakini bahwa recovery Satelit Telkom-1 akan dapat segera ditangani dengan baik oleh pihak Telkom sehingga layanan ATM yang terkoneksi bisa aktif normal lagi. Nasabah BNI sendiri juga dapat melakukan konfirmasi ke BNI Call 1500046 jika membutuhkan konfirmasi dan informasi lebih lanjut serta diimbau untuk tidak mudah percaya terhadap berita/informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Citta Maya/balipost)

Baca juga:  Dari Perindo dan Demokrat Keluar hingga Bayi dalam Bungkusan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *