pemilih
Suasana rapat di Komisi I DPRD Gianyar membahas penduduk yang belum terekam E KTP. (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Puluhan ribu warga Gianyar ternyata masih belum terekam dalam e-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk). Kondisi ini pun mendapat sorotan legislatif, bahkan menjadi pembahasan dalam rapat kerja khusus di Gedung DPRD Gianyar, Kamis (3/8).

Ketua Komisi I DPRD Gianyar, Ngakan Putra dihubungi membenarkan pihaknya beberapa kali melakukan rapat kerja dengan sejumlah instansi untuk membahas masalah kependudukan di Kabupaten Gianyar.

Dikatakan, dalam pertemuan tersebut, terungkap dari 491 ribu jumlah penduduk Gianyar hingga saat ini sedikitnya 73 ribu penduduk Gianyar belum terekam E KTP.

Diterangkan E KTP ini kaitannya nanti dengan pemilu baik Pilkada dan Pilgub Juni 2018 mendatang. DPRD Gianyar berharap Dinas Cacatan Sipil Gianyar untuk mengambil langkah cepat terhadap penduduk yang belum terekam E KTP. “Sehingga nantinya semua masyarakat Gianyar yang memiliki hak pilih agar bisa menggunakan hak pilih mereka,” ujar Ngakan Putra.

Senada disampaikan Ketua KPU Gianyar, AA. Gde Putra bahwa salah satu syarat sebagai pemilih yakni harus memiliki E KTP. Namun sampai saat ini tercatat di Dinas Cacatan Sipil puluhan ribu warga belum terekam E KTP. “Untuk itu,waktu yang masih tersisa Dinas Cacatan Sipil Gianyar diharapkan melakukan upaya perekaman E KTP. Sehingga diharapkan menjelang pencoblosan pemilih sudah memiliki E KTP, “ katanya.

Baca juga:  Kejakgung Tunda Proses Hukum Calon Pilkada Berkasus

Dikatakan bila saat pencoblosan masih ada pemilih tidak memiliki E KTP, pemilih tersebut bisa menggunakan hak pilihnya menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan pihak Capil Gianyar. ”Diharapkan menjelang pencoblosan semua pemilih sudah memiliki E KTP, ” harap Ketua KPU Gianyar.

Pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi dan himbaun baik surat dan spanduk yang dipasang ditempat setrategis dan dikantor -kantor desa dan kelurahan. “Khususnya saat ini kami sedang gencar-gencar melakukan sosialisasi terutama pemilih pemula tingkat SMA/SMK, seka teruna, “ katanya.

Sedikitnya ada 14 sekolah SMA/SMK baik negeri maupun swasta di 7 Kecamatan dijadikan tempat sosialisasi Pilkada dan Pilgub oleh KPU Gianyar. Bahkan jadwal sosialisasi ini sudah tersusun sejak Juni hingga pertengahan Agustus. Sosialisasi mulai dilakukan Juli yang dipimpin anggota KPU Gianyar, AA. Istri Agung Darmawati dengan menyasar SMAN 1 Gianyar, SMK Kesehatan Sanjiwani Gianyar.Terakhir sosialisasi hingga pertengahan Agustus dengan menyasar SMAN 1 Blahbatuh dan SMKN Blahbatuh. (manik astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.