Beras. (BP/dok)
TABANAN, BALIPOST.com – Akibat cuaca ekstrem pada Januari hingga Februari 2017, nelayan di Tabanan tidak bisa melakukan aktivitas melaut. Karenanya pemerintah kabupaten (Pemkab) Tabanan memberikan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) bagi nelayan yang terkena efek cuaca buruk tersebut.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tabanan, I Made Subagia, Senin (12/6) mengatakan penyerahan CBP akan dilakuan Selasa (13/6) ini di Pantai Yeh Gangga. CBP akan diserahkan kepada 63 kelompok nelayan dengan jumlah nelayan sebanyak 931 KK atau 3.476 jiwa. Total CBP yang disalurkan sebanyak 19,46 ton.

Alasan CBP diberikan sesuai dengan peraturan yaitu ketika ada bencana alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor. “Untuk kasus ini karena cuaca ekstrem yang masuk ke dalam kategori bencana alam. Sehingga nelayan yang terkena imbasnya diberikan CBP,” jelas Subagia.

Baca juga:  Pemkab Tabanan Gelar Mudik Gratis, 516 Warga Diberangkatkan

Diharapkan dengan mendapatkan bantuan CPB bisa meringankan beban nelayan yang selama dua bulan tersebut tidak mampu mendapatkan penghasilan dari melaut.

Sementara itu Kadis Sosial Tabanan, I Nyoman Gunawan mengatakan untuk tahun ini, Tabanan mendapatkan jatah CBP dari pemerintah pusat sebanyak 100 ton. Dan tahun ini, pertamakali disalurkan untuk nelayan di Yeh Gangga sebanyak 19,46 ton. “Untuk tahun 2016 tidak ada penyaluran CBP,” jelas Gunawan. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.