BANYUWANGI, BALIPOST.com – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menghadiri undangan karya Melaspas dan Ngenteg Linggih di Pura Candi Merak Marga Mukti, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Jawa Timur. Puncak karya berlangsung pada Purnama Sasih Sadha, Jumat (9/6).

Kedatangan Wabup Kasta didampingi Kabag Kesra Setda Kabupaten Klungkung, Wayan Winata dan Wakil Ketua TP PKK Klungkung, Ny. Sri Kasta disambut hangat Ketua PHDI Kabupaten Banyuwangi, Suminto, tokoh masyarakat serta pengempon pura. Bahkan Wabup yang pecinta seni ini ikut ngaturang ayah megambel mengiringi tari topeng bersama pengayah lainnya.

Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta mengapresiasi semangat krama/umat sedharma yang ada di Desa Barurejo dalam melaksanakan yadnya. Wabup berharap, melalui upacara ini warga senantiasa menjaga keharmonisan dan kerukunan. “Semoga upacara ini dapat berjalan lancar dan labda karya,” ujar Wabup Kasta.

Sesepuh Pura Candi Merak Marga Mukti, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Bambang Mispan menyampaikan, Karya Melaspas dan Ngenteg Linggih yang dilaksanakan ini serangkaian rampungnya pembangunan sejumlah pelinggih di pura setempat. Menurut Bambang Mispan, upacara ini bertujuan untuk menyucikan kembali bangunan pelinggih dan lingkungan pura. “Selain bangunan pura, umat juga perlu disucikan,” ujarnya.

Baca juga:  Klungkung Genjot PAD, Kantor Pajak Dibangun di Nusa Lembongan

Lebih lanjut disampaikan, Pura yang diempon sekitar 114 kepala keluarga ini dibangun dengan swadaya warga serta bantuan dari beberapa donatur. Pura ini mengalami perkembangan dari sekitar tahun 1966 silam. Diharapkan setelah upacara ini umat senantiasa mendapat tuntunan dari Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta peningkatan perekonomian bagi warga khususnya umat Hindu yang ada di Desa Barurejo.

Selain itu, Bambang Mispan berharap kedepannya bisa didirikan sebuah koperasi dan pesraman bagi warga disini khusunya bagi anak-anak sekolah. “Mudah-mudahan Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan pikiran yang baik dari segala penjuru,” harapnya.

Karya Melaspas dan Ngenteg Linggih di Pura Candi Merak Marga Mukti, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Jawa Timur dipuput Ida Pandita Mpu Nabe Sandhi Kerta Yasa dari Geriya Anom Sari, Desa/Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi dan Ida Pandita Mpu Nabe Reka Dharmika Sandhiyasa dari Geriya Kerta Sari, Banjar Kayu Mas Kaja, Denpasar. Upacara diakhiri dengan persembahyang bersama serta ngaturang punia oleh Wabup Kasta. (adv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.