DENPASAR, BALIPOST.com – Setiap individu, tak terkecuali anak, mempunyai kebutuhan dasar. Menurut Ketua Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Bali, Nyoman Masni, SH, setiap anak memiliki kebutuhan-kebutuhan berbeda. Oleh karena itu, orang tua seharusnya mengerti apa yang menjadi kebutuhan seorang anak.

Ia mengutarakan apabila kebutuhan anak belum bisa dipenuhi, orangtua harus mampu memberi pemahaman yang baik. Terutama, dalam memenuhi kebutuhan seorang anak yang sedang beranjak remaja.

Orangtua harus menjelaskan permintaan terkadang tidak bisa selalu dipenuhi, seperti permintaan dibelikan sepeda motor, gadget, dan kebutuhan lainnya. Apabila pemahaman tidak diberikan, anak dapat saja bertindak negatif.

Dengan kata lain, untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan, si anak akan melakukan berbagai macam cara untuk memenuhi kebutuhannya sekalipun dengan tindakan kekerasan maupun tindakan negatif lainnya. Ia menyebutkan peran penting orangtua sebagai guru yang utama wajib mengarahkan anak agar tidak mudah terjerumus ke dalam pergaulan yang negatif.

Baca juga:  Kebakaran TPA Suwung, 1 Anak Dilarikan ke RS Terpapar Asap

Ditekankan, anak harus dijauhkan dari pergaulan yang mengutamakan keinginan semata daripada kebutuhan dasar yang lebih penting. (kmb/balitv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.