XL menyediakan experience zone untuk memasyarakatkan layanan 4,5G. (BP/ist)
JAKARTA, BALIPOST.com – XL Axiata terus memperkuat ekosistem layanan data berbasis 4G LTE. Langkah ini menjadi salah satu fokus XL Axiata di 2017, sesuai dengan upaya untuk menjadi penyedia layanan data pita lebar terdepan di Indonesia dan menjadi “Digital Focus Company”.

Salah satunya perluasan layanan 4.5G di kota-kota dengan jumlah pelanggan 4G LTE yang terus meningkat dengan mengembangkan “4.5G Xperience Zone”. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi ke pelanggan tentang teknologi dan layanan lanjutan dari 4G LTE, sekaligus membentuk ekosistem pendukungnya termasuk dari sisi handset dan device yang mendukung teknologi ini.

Sr. Advisor XL Center & Postpaid XL Axiata, Rashad Javier Sanchez mengatakan di sejumlah negara, pasar 4.5G sudah terbentuk dengan pesat seiring dengan pesatnya pertumbuhan kebutuhan layanan data pita lebar kecepatan tinggi. “Kami pun yakin, tidak lama lagi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas yang lebih baik lagi akan terus meningkat. Karena itu, kami mengambil inisiatif untuk terus memperkuat ekosistem layanan Data melalui 4.5G Xperience Zone ini, sebagai bagian dari kesiapan untuk menyongsong kebutuhan pelanggan di masa mendatang,” ujarnya.

Rashad menambahkan, saat ini sudah terlihat indikasi yang menunjukkan masyarakat Indonesia akan segera membutuhkan 4.5G. Hal ini ditandai dengan pesatnya pertumbuhan pemakaian data khususnya 4G dan semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone di XL menjadi 63 persen di 2016, naik dari 42 persen di tahun sebelumnya.

Baca juga:  PRIA 2017, XL Terbaik dalam "Media Relation"

4.5G Xperience Zone yang disediakan oleh XL Axiata bertempat di gerai XPLOR dan XL Center yang berada di sejumlah kota di berbagai daerah di Indonesia. Di tempat-tempat tersebut telah dilengkapi dengan 4.5G Ready BTS sehingga masyarakat bisa datang untuk mengetahui dan merasakan pengalaman berada di jaringan 4.5G.

BTS 4.5G Ready ini dilengkapi dengan beberapa teknologi teknologi pendukung 4.5G yaitu 4×4 MIMO, Modulasi 256 QAM, dan Carrier Aggregation (CA). Menggunakan sarana 4.5G Xperience Zone tersebut, XL Axiata juga menyediakan layanan edukasi tentang 4.5G kepada masyarakat luas.

Terdapat pajangan (display) beberapa gawai yang sudah mulai mendukung beberapa teknologi 4.5G ini. Masyarakat juga bisa mencoba layanan 4.5G bila smartphone-nya sudah mendukung salah satu atau beberapa teknologi 4.5G ini atau bisa juga mengaksesnya melalui sinyal WiFi yang dipancarkan dari Terminal 4.5G Xperience Zone.

XL 4.5G Xperience Zone pada tahap awal tersedia di 20 lokasi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Antara lain ada wilayah Jabotabek sebanyak 8 lokasi, juga di Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya. Lalu di luar Jawa ada di Denpasar, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Banjarmasin. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.