Suasana atraksi di Lapangan Astina Raya Gianyar serangkaian Hut Damkar, Senin (6/3). (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Kobaran api menggegerkan warga di seputaran Lapangan Astina Raya Gianyar, Senin (6/3). Sejumlah petugas pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk menjinakan si jago merah.

Menarikanya, mereka menunjukan berbagai atraksi dalam proses pemadaman tersebut. Hal ini merupakan simulasi yang digelar memperingati HUT Damkar ke-98 di Kabupaten Gianyar.

Proses simulasi serangkaian Hut Damkar sudah dimulai sejak Senin pagi sketiar pukul 09.00 wita. Kobaran api yang besar dalam simulasi itu dapat dijinakkan dengan berbagai pertunjukkan yang cantik oleh para anggota pemadam tersebut.

Mereka juga Nampak beratraksi diantara bara api, dan dipungkasi oleh tembakan air secara bersamaan ke udara.

Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra tidak luput mengapresiasi kesigapan yang telah ditunjukkan tim Damkar dalam menanggulangi setiap bencana kebakaran. serta bencana lainnya di Kabupaten Gianyar.

Baca juga:  Minggu Depan "Soft Opening," Infrastruktur Menuju Kebun Raya Gianyar Belum Rampung

”Saya sangat salut atas semangat dari anak-anak Damkar, bahkan sebelum apel dimulai hari ini, mereka telah berjibaku pagi subuh membantu menjinakkan kebakaran di Kabupaten Bangli. Hal ini menunjukkan, Damkar Kabupaten Gianyar siap membantu kapanpun dimanapun bila dibutuhkan,” tegas Mahayastra.

Membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI, Wabup Mahayastra mengajak seluruh warga melakukan gerakan perang terhadap kebakaran, dengan mengedepankan tindakan preventif. Mengingat efek yang ditimbulkan akan berdampak pada kemunduran ekonomi, kerusakan lingkungan, dan kerugian materi non materiil.

“Petugas hadir dengan Panca Dharma, yaitu pencegahan, pemadaman, penyelematan, pemberdayaan masyarakat, dan penanganan kebakaran berbahaya. Disamping itu, petugas damkar wajib siaga 24 jam, tidak mengenal hari libur, dan siap memadamkan kebakaran dengan motto pantang pulang sebelum api padam, walaupun nyawa taruhannya,” tandasnya. (manik astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.