Ilustrasi - Dua pesawat tempur China J-11 dan satu pesawat pengebom H-6K saat berpatroli di wilayah udara antara China daratan dan Taiwan. (BP/Ant)

ANKARA, BALIPOST.com – Sebanyak 37 pesawat militer China terdeteksi terbang di sekitar wilayah pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu. Otoritas Pertahanan Taiwan mengatakan 36 pesawat melewati garis median sensitif di Selat Taiwan dan memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ).

“Dalam melakukan pelatihan gabungan udara-laut bersama dengan kapal induk Shandong dan kapal PLAN lainnya. #ROCArmedForces telah memantau situasi dan merespons dengan tepat,” kata otoritas tersebut di X, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (10/7).

Baca juga:  Pemerintahnya Longgarkan "Nol-COVID-19", Warga China Bingung

“Secara keseluruhan 37 pesawat Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dalam berbagai jenis (termasuk J-16, H-6, KJ-500, UAV, dll.) terdeteksi mulai pukul 05.20 hari ini. Dari jumlah tersebut, 36 diantaranya melintasi garis median # Selat Taiwan dan memasuki bagian selatan dan tenggara ADIZ Taiwan.”

China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri meski Taipei memiliki pemerintahannya sendiri sejak 1949. Beijing telah bersumpah untuk menyatukan kembali pulau tersebut, termasuk dengan kekuatan jika diperlukan. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Isu Lokal Tersisih, Fanatisme Surut

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *