Arsip - Peta pusat gempa bumi berkekuatan Mw 7,4 dan menimbulkan tsunami kecil yang melanda Taiwan bagian timur - Ishigakijima, Jepang, Rabu (3/4/2024) pagi sekitar pukul 06.58 WIB. (BP/Ant)

BEIJING, BALIPOST.com – Warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan agar waspada atas gempa susulan di wilayah tersebut. Imbauan itu disampaikan Kementerian Luar Negeri RI.

“Sehubungan dengan peningkatan intensitas gempa susulan di bagian Timur Taiwan, hingga saat ini KDEI Taipei mengimbau agar seluruh WNI di Taiwan, khususnya di wilayah Hualien untuk tetap waspada,” demikian pernyataan tertulis Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (23/4).

Baca juga:  Kendati Kasus Covid-19 Paling Rendah di Bali, Jembrana Tetap Waspada

Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter melanda wilayah Hualien di Taiwan timur pada Selasa (23/4) dini hari dengan kedalaman 5,5 kilometer (3,4 mil) dan juga dirasakan hingga ke ibu kota Taipei.

“WNI di Taiwan diimbau terus mengikuti perkembangan informasi dari otoritas Taiwan dan KDEI Taiwan,” demikian disebutkan dalam pernyataan tertulis tersebut.

Jika ada WNI yang terdampak atau mengetahui ada WNI yang terdampak gempa maka dapat segera menghubungi KDEI Taipei melalui hotline PWNI-Pensosbud pada +886901132000 atau +886987587000.

Baca juga:  Dari Singapura “Lockdown" hingga Ini Instruksi Menhub Antisipasi Arus Balik

Gempa susulan masih terus terjadi sejak gempa mengguncang pulau tersebut pada 3 April 2024 di Hualien. Gempa bumi bermagnitudo 7,4 itu menyebabkan setidaknya 17 korban tewas dan lebih dari 1.000 orang luka-luka.

Sebelumnya pada Senin (22/4), juga terjadi gempa berkekuatan 5,5 skala Richter pada sekitar pukul 17.08 waktu setempat.

Badan Cuaca Pusat Taiwan mengatakan selanjutnya gempa berkekuatan 6,0 skala Richter terjadi pada pukul 02.26 dini hari, diikuti enam menit kemudian dengan gempa berkekuatan 6,3 skala Richter.

Baca juga:  KTT Apec Sepakati "Bangkok Goals" dan Deklarasi Pemimpin

Taiwan sering mengalami gempa bumi karena terletak di persimpangan dua lempeng tektonik. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *