Foto udara suasana Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (27/4/2022). Pada H-5 arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Ketapang terpantau ramai lancar. (BP/Dokumen Antara)

BANYUWANGI, BALIPOST.com – Sebanyak 300.315 orang kembali dari Jawa ke Pulau Bali sejak 11-17 April 2024 atau mulai hari kedua Lebaran (H2) sampai dengan H+6. Hal ini menurut data PT ADP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dari data ini, diperkirakan persentase arus balik sudah mencapai 71 persen dibandingkan pada saat arus mudik dari Gilimanuk (Bali) ke Ketapang (Banyuwangi).

Baca juga:  BPS Laporkan Inflasi Mencapai 0,19 Persen

“Situasi di setiap dermaga terpantau lancar dengan pemuatan kendaraan didominasi kendaraan logistik dan mobil pribadi,” kata Sekretaris PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin dalam keterangannya di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (18/4) dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurutnya, pantauan tim posko di lapangan menunjukkan kondisi di lapangan ramai lancar selama periode mudik maupun arus balik saat ini.

Untuk mengantisipasi kepadatan, kata Shelvy, opsi untuk mengurai arus kendaraan menuju pelabuhan seperti delaying system serta penyekatan kendaraan telah ketika arus lalu lintas menuju pelabuhan mulai padat.

Baca juga:  Karya Agung Danu Kerthi di Danau Batur akan Digelar Seperti Seabad Lalu

Posko Pelabuhan Ketapang memantau penyeberangan dari Jawa menuju Pulau Bali dengan lintasan Ketapang menuju Gilimanuk, mencatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 31 unit armada kapal.

“Realisasi total penumpang sejumlah 47.318 orang (pada H+6) telah menyeberang, diikuti oleh kendaraan roda dua sebanyak 8.125 unit, kendaraan roda empat sebanyak 4.738 unit, dan total produksi seluruh kendaraan pada H+6 sebanyak 14.703 unit,” katanya.

Baca juga:  Wisdom Masuk Bali Lewat Gillimanuk Meningkat

Sementara total seluruh kendaraan secara akumulatif yang telah kembali dari Jawa ke Pulau Bali mulai 11-17 April 2024 sebanyak 83.908 unit kendaraan roda dua dan roda empat atau telah mencapai 65 persen dibandingkan jumlah kendaraan yang berangkat dari Pulau Bali saat arus mudik sebanyak 129.815 unit kendaraan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *