Suasana Tol Bali Mandara selama libur panjang Idul Fitri 1445 H. (BP/Par)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan domestik di Bali selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H mengalami lonjakan signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa. Peningkatan kunjungan ini juga berbanding lurus dengan peningkatan volume lalu lintas harian di Jalan Tol Bali Mandara.

PT Jasamarga Bali Tol mencatat sebanyak 715 ribu kendaraan melintas di Jalan Tol Bali Mandara terhitung sejak H-10 hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Jumlah keseluruhan volume lalu lintas yang melintasi Jalan Tol Bali Mandara meningkat sebesar 27 persen dibandingkan dengan volume lalu lintas periode Lebaran 2023 yang mencapai 578 ribu kendaraan.

Baca juga:  Puluhan Mobil dan Sepeda Motor Patwal Dikumpulkan

Sementara dibandingkan dengan prediksi volume lalu lintas Lebaran 2024 pada periode yang sama sejumlah 697 ribu kendaraan, realisasi lalu lintas tersebut meningkat sebesar 2,5 persen. Peningkatan volume kendaraan sudah terasa sejak H-8 perayaan Lebaran, dengan kenaikan signifikan pada hari-hari berikutnya.

I Ketut Adiputra Karang, Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Rabu (17/4) menjelaskan bahwa angka tersebut merupakan akumulasi arus lalu lintas dari ketiga gerbang tol, yaitu gerbang tol Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa.

Baca juga:  24 LPD Di Karangasem Tak Beroperasi

“Peningkatan Lalu Lintas Harian (LHR) mencerminkan antusiasme masyarakat dalam menyambut libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H,” katanya.

Adi juga menyampaikan bahwa untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas, seluruh petugas dan Satuan Tugas (Satgas) Jasamarga Bali Tol Siaga telah dikerahkan di setiap Gerbang Tol. PT JBT juga menyiapkan mobile reader (MR) di setiap gerbang tol untuk mempercepat transaksi pembayaran tol jika terjadi antrian.

Selain fokus pada pelayanan optimal, PT JBT juga berupaya meningkatkan ketertiban lalu lintas bagi pengguna jalan Tol. “Kami bekerja sama dengan PJR Induk VI untuk memberikan himbauan berkendara kepada pengguna jalan, termasuk informasi tentang peraturan lalu lintas dan pentingnya menggunakan alat pelindung diri,” jelasnya.

Baca juga:  Arus Balik di Pelabuhan Gilimanuk Alami Peningkatan

Adi menuturkan bahwa seluruh petugas dan Satgas telah dikerahkan untuk melakukan controlling dan monitoring di setiap sisi Jalan Tol Bali Mandara guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. “Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu dan himbauan dari petugas demi menjaga ketertiban dan keselamatan berkendara di jalan tol Bali Mandara,” katanya. (Parwata/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *