Sejumlah pemuda mengarak ogoh-ogoh saat parade ogoh-ogoh di Hari Pengerupukan atau satu hari menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946 di kawasan Desa Adat Kuta, Badung, Bali, Minggu (10/3/2024). (BP/Antara)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Ribuan wisatawan domestik dan mancanegara yang berbaur dengan warga antusias menyaksikan parade Ogoh-ogoh. Antusiasme ini terlihat di kawasan Desa Adat Tuban, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (10/3) malam.

Sejak sore hari, para wisatawan sudah memadati area Jalan Raya Tuban dan area Patung Satria Gatot Kaca untuk menyaksikan parade Ogoh-ogoh saat malam Pengerupukan atau sehari Hari Raya Nyepi.

“Dengan dilaksanakannya parade Ogoh-ogoh ini untuk mengakomodir kreativitas dari pemuda di Desa Adat Tuban,” kata Kelihan Yowana Desa Adat Tuban I Gusti Agung Made Winuntara, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Kabupaten Ini, Sumbang Korban Jiwa dan Kasus COVID-19 Harian Terbanyak

Ia menambahkan tujuan digelar-nya parade ini untuk menjalin silaturahmi antar pemuda dan warga.

Meskipun sempat diguyur hujan deras disertai angin kencang, namun pelaksanaan parade Ogoh-ogoh tetap dilaksanakan dan wisatawan yang berbaur dengan warga antusias menyaksikannya.

I Gusti Agung Made Winuntara menjelaskan dalam menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 itu, parade Ogoh-ogoh diikuti sebanyak 10 Ogoh-ogoh di antaranya delapan Ogoh-ogoh yang diarak oleh anak-anak dan dua Ogoh-ogoh yang diarak oleh orang dewasa.

Baca juga:  Percepat Terwujudnya Zona Hijau di Kutsel, Badung Siapkan 56 Tim dengan Target Vaksinasi Tuntas April

“Dalam parade budaya ini ada delapan Ogoh-ogoh penghibur yang diarak anak-anak dan dua Ogoh-ogoh dari Sekaa Teruna-Teruni (STT) yakni STT Bhuana Kusuma Banjar Pesalakan Tuban dan Pertiwi Canthi Banjar Tuban Griya,” tuturnya.

Dalam parade itu, selain menampilkan Ogoh-ogoh, peserta juga menampilkan fragmen tari serta gamelan tradisional Baleganjur untuk mengiringi atraksi dari ogoh-ogoh yang diarak.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mempromosikan pariwisata di kawasan Desa Tuban dan bisa menarik minat wisatawan mancanegara agar pariwisata di Bali terus berkembang,” harapnya.

Baca juga:  Gubernur Koster Keluarkan Surat Dukung Pembuatan dan Pawai Ogoh-Ogoh

Seorang wisatawan asal Jepang bernama Shinji mengatakan bahwa dirinya sangat senang dan kagum menyaksikan parade Ogoh-ogoh untuk pertama kalinya di Pulau Bali.

“Ini pertama kali saya menyaksikan Ogoh-ogoh yang sangat luar biasa, para anak-anak dan pemuda sangat semangat tampil dalam parade ini,” ucapnya.

Ia berharap tahun depan jika tidak ada halangan ingin berlibur ke Bali lagi untuk menyaksikan parade Ogoh-ogoh. (kmb/balipost)

BAGIKAN