MAGETAN, BALIPOST.com – Pemerintah Indonesia akan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza melalui jalur udara.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo usai meninjau proses simulasi penyaluran bantuan kemanusiaan via udara yang digelar di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat 8 Maret 2024.

Presiden Jokowi mengatakan bantuan tersebut akan di-drop menggunakan pesawat Hercules melalui jalur udara.

Baca juga:  Puluhan Anak Kurang Mampu Dapat Dana Pendidikan

Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

Kepala Negara menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

Sebelumnya pada Desember 2023, dikutip dari Kantor Berita Antara, Pemerintah Indonesia berjanji akan menambah jumlah kontribusi kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina hingga tiga kali lipat lebih banyak di tahun ini.

Baca juga:  2022, Kinerja Himbara Diproyeksikan Kembali "Hijau"

Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk Gaza pada Sabtu, 4 November 2023.

Total bantuan yang dikirimkan adalah 51,8 ton dan merupakan gabungan dari berbagai pihak. Dari total tersebut, 7 ton diantaranya adalah bantuan kemanusiaan yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan.

Bantuan yang dikirimkan pada tahap pertama berupa obat-obatan, hygiene kit dan makanan bergizi serta bantuan logistik lainnya yang dibutuhkan masyarakat Gaza, Palestina.

Baca juga:  Dunia Tak Boleh Menyerah Perjuangkan Gencatan Senjata di Gaza

Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Palestina berupa perlengkapan rumah sakit dan obat-obatan senilai Rp31,9 miliar. Pelepasan bantuan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin 20 November 2023. (Diah Dewi/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *