BANGLI, BALIPOST.com – Pelaksanaan pujawali di Pura Kawitan Pasek Kayuan Pusat, Desa Siakin, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, berjalan lancar. Puncak pujawali jatuh berlangsung pada Anggara Kasih, Julungwangi, Selasa, 13 Februari 2024.

Sedangkan Ida Sesuhunan nyejer dan kasineb pada Jumat, 16 Februari 2024. Pada puncak pujawali, upacara dipuput Ida Pandita Dukuh Acharya Dhaksa dari Griya Padukuhan Samiaga Penatih, Denpasar.

Menurut Panglingsir Pura Kawitan Pasek Kayuan Pusat, Jero Ketut Marsidi mengatakan selama Ida Sesuhunan nyejer, berbagai rangkaian upacara digelar dalam pujawali. Salah satunya dilaksanakan dharma wacana oleh Ida Pandita Dukuh Acharya Dhaksa dari Griya Padukuhan Samiaga Penatih, Denpasar. Tujuan dilaksanakannya dharma wacana ini untuk memberikan pencerahan kepada pemedek setempat.

Baca juga:  Teten Masduki Harapkan Petani Kopi Kintamani Gunakan Pola Diversifikasi

Sebab enam bulan lagi tepatnya pada September 2024 akan digelar upacara besar yakni Ngenteg Linggih dan Padudusan Agung. Selain itu juga dilaksanakan tari-tarian yakni Rejang dan tarian Sidakarya.

Ribuan krama pedek tangkil ke pura yang terletak di tengah hutan Desa Siakin tersebut. Meski sempat diguyur hujan lebat, tak menyurutkan krama melakukan persembahyangan.

Persembahyangan bersama dilaksanakan pada malam harinya dan berlangsung khusyuk serta lancar. Setelah puncak pujawali, Ida Sesuhunan nyejer selama tiga hari dan kasinab pada 16 Februari. (Pramana Wijaya/balipost)

Baca juga:  Puluhan Krama Ikuti Pujawali Jelih di Pura Dalem Bajangan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *