TABANAN, BALIPOST.com – Nyitdah adalah salah satu desa di Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Desa ini dikenal dengan ikon ‘Genteng Nyitdah’ yang cukup dikenal di Bali.

Ini tidak terlepas dari masyarakat di Desa Nyitdah mayoritas berprofesi sebagai perajin pembuat genteng. Selain itu juga sebagai petani dan juga perajin anyaman bambu.

Perbekel Desa Nyitdah, Dewa Putu Alit Arta mengatakan desa ini memang dikenal dengan gentengnya. Kecamatan Kediri sejak turun temurun sudah memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata alternatif dan genteng khas Desa Pejaten dan Desa Nyitdah juga telah dikenal sampai masyarakat luar Bali.

Baca juga:  Desa Adat Gumung Perketat Prokes Upacara Agama

Tak salah jika Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menyasar Desa Nyitdah sebagai lokasi ngantor di desa yang ke 42. Pada kunjungan kerjanya kali ini, Bupati Sanjaya melihat potensi Desa Nyitdah yang mampu mengembangkan inovasi dalam penanganan sampah.

Terhadap inovasi pengelolaan sampah, Ketua Bank Sampah Desa Nyitdah, I Ketut Nada menyampaikan jumlah personel pengelola sampah yang mencapai 10 orang, bekerja dengan giat untuk menciptakan Desa Nyitdah yang bersih dan sehat.

Baca juga:  ASN Malas Jangan Tuntut "Reward"

Nada menjelaskan pengelolaan sampah secara sistematis. Sampah yang dipilah berjenis botol kaca, besi rongsok, plastik dan sampah non-organik lainnya.

Selain persoalan sampah, Desa Nyitdah juga berupaya mendukung program penanganan stunting. Untuk anak dengan stunting di Desa Nyitdah berjumlah 7 orang. (Puspawati/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *