SINGARAJA, BALIPOST.com -Pura Mengening di Desa Adat Sangket, Kecamatan Sukasada, Buleleng direncanakan akan direnovasi oleh prajuru desa adat setempat pada tahun ini. Pura tua yang menjadi cikal bakal berdirinya Desa Adat Sangket pun direncanakan akan direnovasi selayaknya Pura Tirta Empul yang ada di Kabupaten Gianyar.

Keberadaan Pura Mengening yang terletak di Banjar Adat Sangket, Desa Adat Sangket ini pun memiliki aura magis yang luar biasa. Selain itu, keberadaan pura ini diyakini sebagai pertemuan atau pasangketan antara Dang Hyang Nirarta dengan Desa Ayu Mengening pada zaman dahulu.

Baca juga:  Unik, Piodalan di Pura Dalem Suci Banyuasri Harus Gunakan Sekar Gadung

Hal ini terbukti dengan adanya peninggalan salah satu palinggih Ida Bhagawan di jaba tengah Pura Mengening Desa Adat Sangket yang berdampingan dengan Pura Dewa Ayu Mengening.

Bendesa Adat Sangket, Nyoman Suarjana pada Minggu (14/1) membenarkan rencana renovasi Pura Mengening ini. Hanya saja, rencana itu masih terkendala pendanaan yang ada. Pihaknya merencanakan renovasi Pura Mengening akan dilakukan pada tahun 2024 ini.

Baca juga:  Banjar Buana Kubu Kukuhkan Manggala dan Prajuru Adat

Kondisi krama yang sedikit, ditambah lagi pendanaan yang minim menjadi kendala yang dialami saat ini.

Di bagian jaba sisi pura akan dibangun secara spesifik sejumlah pancuran yang ada, baik pancuran tirta pengelukatan, pamela spas, pemakuh maupun tirta 0-pangentas. Rencana renovasi ini untuk memberikan kemudahan pada krama. Di samping itu, nanti secara otomatis akan menjadi destinasi wisata. (Nyoman Yudha/balipost)

BAGIKAN