Menkumham Yasonna H. Laoly saat membuka Rakor Pengendalian Kinerja dan Refleksi Akhir Tahun 2023 serta Penyusunan Target Kinerja Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (12/12/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pernyataan pengacara Alvin Lim yang menyebut Ferdy Sambo tidak ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba dibantah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly.

“Gila itu. Orangnya (Alvin Lim) tidak ada di situ. Dia (Alvin) kan di rumah sakit. Sambo itu cuma lima hari di Salemba, kemudian dikirim ke Cibinong. Asal ngomong saja,” kata Yasonna di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (5/1).

Baca juga:  Parpol Pengusung Ganjar Pranowo Bahas Strategi Pemenangan dan Dinamika Pemilu 2024

Yasonna menegaskan, pernyataan Alvin Lim itu tidak benar dan hoaks. ​​Menurut Yasonna, Alvin Lim yang sempat ditahan di Lapas Salemba sempat mengalami sakit dan dirawat dari tanggal 16-29 Agustus 2023; sedangkan Ferdy Sambo berada di Lapas Salemba pada tanggal 24-29 Agustus 2023. “Kapan ketemunya dia? (Ferdy Sambo) Langsung kami transfer ke Cibinong, dia di Lapas Cibinong,” tegas Yasonna.
​​​​​
Sebelumnya Alvim Lim menyebut Ferdy Sambo tidak ditahan di Lapas Salemba, Jakarta, melainkan di ruang Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) yang dilengkapi alat pendingin ruangan atau AC.
​​​​​​​
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebelumnya juga menjelaskan isu seperti yang dilontarkan Alvin Lim itu bukan hal baru. “Kalau isu begitu sih, di (Lapas) Sukamiskin banyak orang pulang tiap hari. Itu soal-soal yang harus kami selesaikan memang, kalau ada,” kata Mahfud.
​​​​​​​
Namun demikian, Mahfud mengatakan pihak yang berwenang untuk mengecek isu tersebut adalah inspektur jenderal yang mengawasi lapas. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Pengakuan Sambo, Istrinya Ungkap Brigadir J Lakukan Pelecehan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *