Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi pimpin sertijab dan tradisi laporan korps Irdam IX/Udayana. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc. mengingatkan TNI AD bersama masyarakat menjaga keseimbangan dan kelestarian alam. Hal ini selaras konsep Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang selaras dengan tema Hari Juang TNI AD tahun 2023 yakni TNI AD bersama rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI.

Hal ini disampaikan Pangdam Harfendi pimpin acara serah terima jabatan (sertijab) dan tradisi laporan korps Irdam IX/Udayana dari Brigjen TNI Tatan Ardianto, S.I.P. ke Kolonel Kav Harfuddin Daing, S.E., M.M., Rabu (3/1) di Hall Makodam, Denpasar.

Baca juga:  Dicek, Penerapan Pamflet dan QR Code “Do and Don’t” Di Bandara Ngurah Rai

Menurut Mayjen Harfendi, tema tersebut mengandung makna TNI AD selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan masyarakat. Selain itu menjadi bagian dari masyarakat. Sedangkan menyatu dengan alam implementasinya dengan membersihkan tempat-tempat dari sampah pelastik, sungai, selokan dan melestarikan alam dengan penanaman pohon. ”Sebagai satuan bawah konsep dari Kasad ini harus kita tindaklanjuti,” tegasnya.

Terkait upacara sertijab tersebut, Brigjen TNI Tatan Ardianto selanjutnya akan menjabat sebagai Wadan Sesko TNI. Sedangkan Irdam IX/Udayana yang baru dilantik, Kolonel Kav Harfuddin Daing sebelumnya bertugas sebagai Paban Utama Staf Ahli Bidang Banusia Panglima TNI.

Baca juga:  Pangdam Renovasi Rumah Dagang Canang

Pangdam mengungkapkan, pergantian pejabat merupakan bagian dari mekanisme pembinaan personel untuk mewujudkan TNI AD yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif (PRIMA). Mekanisme ini dirancang sedemikian rupa agar prosesnya berjalan secara objektif dan selaras dengan kebijakan reformasi birokrasi TNI AD, yaitu membentuk organisasi yang efektif, transparan dan akuntabel, serta mendukung tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Pada kesempatan itu, mantan Kasdam IX/Udayana ini mengucapkan  terima kasih kepada Brigjen Tatan beserta istri atas pengabdiannya di Kodam IX/Udayana. Berbagai pengalaman tugas yang diperoleh selama ini hendaknya dapat menjadi bekal dalam menunjang keberhasilan tugas di tempat yang baru. “Kepada Kolonel Kav Harfuddin Daing, S.E., M.M. selaku pejabat baru beserta istri, saya ucapkan selamat dan turut berbangga atas kepercayaan yang telah diberikan untuk mengemban tugas serta tanggung jawab jabatan tersebut,” ujarnya. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Denpasar Didorong Segera Gelar Kembali PTM
BAGIKAN