Petugas dari Dinas LH membersihkan sisa tumpukan sampah di Taman Kota Singaraja. (BP/Yud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Perayaan Malam Tahun Baru 2024 di sejumlah fasilitas umum di Kabupaten Buleleng menyisakan tumpukan sampah. Bahkan tercatat pada malam perayaan tahun baru kemarin, sebanyak 155 ton sampah berhasil dikumpulkan oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, yang didominasi oleh sampah plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Gede Melandrat, Senin (1/1) menjelaskan, pasca perayaan malam tahun baru 2024 memang menyisakan tumpukan sampah. Sampah ini berupa bekas kembang api dan sampah sisa kuliner dari para pengunjung yang berkunjung di sejumlah fasilitas umum, misal Taman Kota Singaraja dan Taman Bung Karno. “Ini sudah kita antisipasi lebih awal. Dari biasa petugas melakukan pembersihan jam 06.00 wita kita lebih dini ke 05.00 agar memberikan kenyamanan pengunjung,” jelas Melandrat.

Baca juga:  Sistem PHR Online Segera Diterapkan Serentak di Bali

Bahkan menurutnya, tumpukan sampah meningkat dibandingkan tahun baru sebelumnya. Pasalnya, perayaan malam tahun baru 2023, cuaca di Kabupaten Buleleng sangat mendukung. Sehingga banyak masyarakat yang menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga di sejumlah fasilitas umum. “Kunjungan sangat luar biasa ke fasilitas umum yang berdampak pada timbunan sampah. Alhasil petugas kami sudah selesai melakukan pembersihan tepat pukul 09.00 tadi pagi,” terangnya.

Baca juga:  Kecamatan Mengwi Sepakat Bangun TPST

Dari hasil pembersihan sampah, memang diakui didominasi oleh sampah Plastik. Hanya saja, pemilahan sudah terlebih dahulu dilaksanakan. Sehingga sampah – sampah plastik yang sudah dipilah tidak dikirim ke TPA Bengkala.” khusus di Taman Kota sudah langsung dipilih sampahnya. Kalau yang begitu begitu tidak sampai ke TPA bengkala,”tutupnya. (Nyoman Yudha/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *