Suasana di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 dipastikan akan berdampak pada kunjungan ke Bali. Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, tiket rute tujuan Bali melalui Bandara Soekarno Hatta sudah terjual sebanyak 65.000 tiket.

Hal ini pun diantisipasi Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung. “Kami mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah penumpang, terlebih di masa ini bertepatan juga dengan masa libur sekolah dan cuti bersama,” ujar General Manager Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, Selasa (19/12).

Menurutnya, pihaknya mencatat peningkatan trafik penumpang yang semakin baik dibanding kinerja tahun sebelumnya. Sehingga pada periode Nataru ini, pihaknya memprediksi akan terjadi lonjakan jumlah penumpang 1.089.048 penumpang atau diprediksi meningkat 20 persen dibanding tahun sebelumnya yakni sejumlah 909.143 penumpang.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Makin Turun, Hari Ini di 10 Ribuan Orang

“Bali masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun,” katanya.

Disinggung jumlah penumpang saat ini, Handy menjelaskan bahwa sudah terlihat kenaikan penumpang harian yang dilayani. Sejak Januari hingga November, per hari rata-rata melayani 58 ribu penumpang. “Pada Desember saja hingga kemarin (17/12), rata-rata jumlah penumpang mencapai 60 ribu. Artinya, jelang masa libur Nataru sudah mulai nampak kenaikan jumlah rata-rata penumpang harian sebesar 3,4 persen,” jelasnya.

Baca juga:  Pelindo Lirik Jalur Penyeberangan Banyuwangi-Benoa

Dikatakan, pergerakan pesawat udara di Periode Nataru juga diperkirakan akan meningkat sebesar 43 persen dari 6.079 pergerakan pesawat udara di periode Nataru 2022 menjadi 8.674 pergerakan pesawat udara yang diperkirakan akan dilayani pada periode Nataru 2023.
“Hingga bulan Desember, terdapat 18 rute domestik berjadwal yang dilayani 11 maskapai dan 29 rute berjadwal internasional yang dilayani oleh 34 maskapai,” katanya.

Pada pelaksanaan Posko Nataru tahun ini, Handy menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 1.367 personil petugas bandara. Selain Posko Terpadu yang berlokasi di terminal domestik dan internasional, juga akan terdapat Posko Keamanan di area pintu masuk kendaraan yang akan melibatkan institusi TNI Polri.
“Seluruh instansi komunitas bandara memiliki komitmen yang sama untuk dapat memberikan layanan terbaik dari sisi keamanan hingga pelayanan pada angkutan Nataru tahun ini,” sebutnya. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Ini, Hasil Pemetaan PDIP di 6 Kabupaten/kota
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *