Lokasi gempa yang mengguncang Sukabumi, Kamis (14/12). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Gempa magnitudo (M) 4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (14/12). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 68 rumah rusak.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan gempa berdampak pada 61 rumah di Kabupaten Bogor dan tujuh rumah rusak di Kabupaten Sukabumi. “Rincian dua rumah rusak sedang dan lima rumah rusak ringan,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Dampak Gempa 7,4 SR di NTT, BNPB Catat Ratusan Rumah Rusak

Abdul melaporkan peristiwa yang terjadi pukul 06.35 WIB itu mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi hingga terasa sampai Kabupaten Bogor. BMKG mencatat pusat gempa berada di darat 25 kilometer barat laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 5 kilometer.

Adapun lokasi terdampak gempa di Kabupaten Bogor yakni Kecamatan Pamijahan, Leuwiliang, Nanggung, dan Ciampea. Lebih lanjut lokasi terdampak gempa di Kabupaten Sukabumi yakni Kecamatan Kabandungan, Kalapanunggal, Kadudampi, dan Cikembar.

Baca juga:  Korban Tewas Gempa-Tsunami Sulteng 1.763 Jiwa

Hingga kini BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Kabupaten Bogor telah menerjunkan tim reaksi cepat ke lokasi terdampak untuk melakukan asesmen dan pendataan lanjutan di lapangan. (kmb/balipost)

BAGIKAN