MANGUPURA, BALIPOST.com – Kabupaten Badung masih surplus beras, meski lahan pertanian terus tergerus. Dinas Pertanian dan Pangan setempat mencatat, Badung mengalami surplus produksi beras sampai 10.664 ton dari total produksi beras hingga November 2023.

Kadis Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana saat dikonfirmasi Senin 4 Desember 2023 membenarkan hal tersebut. Menurutnya, sektor pertanian di Kabupaten Badung memproduksi 96.928,95 ton Gabah Kering Giling (GKG) atau setara 54.927 ton beras.

Baca juga:  Jatuh dari Tangga Hotel, WN AS Tuntut Manajemen

Menurut data, sampai bulan November 2023 luas panen 15.991,88 Hektar dengan produksi 96.928,95 ton GKG atau setara beras 54.927 ton. Sedangkan, jika dilihat dari kebutuhan 11 bulan mencapai 44.263 ton, sehingga ada kelebihan.

Menurutnya kondisi tersebut tentu sangat menggembirakan dalam rangka mengamankan produksi dan stok pangan, khususnya gabah. Terlebih, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan atau gagal panen akibat cuaca.

Baca juga:  Gadaikan Mobil Sewaan Ratusan Juta Rupiah untuk Judi

Dikatakan, hujan yang mengguyur berbagai wilayah di Kabupaten Badung, menguntungkan bagi para petani. Kendati, bagi sebagian profesi hujan membuat resah dan merugikan, namun justru berbeda dengan petani yang merasa senang karena air hujan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan padinya. (Parwata/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *