Plt. Bupati Klungkung I Made Kasta saat meninjau ke lokasi dinding proyek parkiran Goa Lawah yang jebol. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Hujan lebat sempat mengguyur wilayah Kabupaten Klungkung, dalam beberapa hari terakhir. Besarnya debit air hujan, mengakibatkan pondasi areal parkir Pura Goa Lawah jebol, Sabtu (2/12).

Pelaksana tugas Bupati Klungkung I Made Kasta pun terjun ke lokasi, dan mencium ada yang tidak beres dalam pengerjaannya.

Made Kasta saat dihubungi Minggu (3/12), mengatakan robohnya dinding tempat parkir di sebelah timur Pura Goa Lawah ini, sangat janggal. Karena masih sangat baru pengerjaannya. Adanya kejanggalan dari pengerjaan sisi dinding parkiran ini, dinilai Kasta seharusnya pada saat tahap perencanaan, tim perencana mempertimbangkan juga aspek getaran dari kendaraan yang melintas di depan lokasi lahan parkir tersebut.

Baca juga:  Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Picu Pohon Tumbang

“Pada bagian dindingnya seharusnya dibuat miring, bukan tegak lurus. Seharusnya juga terdapat sloof sebagai penyangga dinding tersebut. Sehingga tidak mudah roboh, karena dinding parkiran ini cukup tinggi,” ujar Plt. Bupati I Made Kasta.

Lebih lanjut Plt. Bupati I Made Kasta menyampaikan, apabila hal ini dibiarkan maka sisa dinding yang baru dibangun pada proyek lahan parkir tersebut, lambat laun juga dikhawatirkan akan roboh juga. Kondisi amat disesalkan, karena saat pengawasan dilakukan, pengerjaan ini tidak dievaluasi, sebelum diselesaikan. “Pemborong agar dapat segera menyelesaikan kerusakan tersebut, jangan sampai lewat dari batas waktu yang sudah disepakati,” tegasnya.

Baca juga:  Bali Berpotensi Terdampak MJO

Melihat persoalan ini, Plt. Bupati I Made Kasta meminta kepada seluruh pemborong yang sedang melaksanakan proyek pembangunan di Kabupaten Klungkung agar dapat melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan perencanaan yang sudah disepakati. Selain perencanaan, speksifikasi bahan bangun dan gambar yang sudah disetujui agar benar-benar direalisasikan di lokasi, jaga kualitas dan kuantitas.

Adapun dinding yang roboh tersebut memiliki panjang kurang lebih 24 meter, agar segera diperbaiki, sehingga tidak mengganggu akses jalan raya Klungkung-Karangasem. Nampak alat berat sudah bekerja di lokasi. Dihari yang sama, Plt. Bupati Klungkung I Made Kasta juga meninjau pengerjaan proyek pembuatan patung Goa Lawah. Hal yang sama juga ditekankan Made Kasta, agar seluruh proyek fisik dapat selesai tepat waktu. (Bagiarta/Balipost)

Baca juga:  Diseret Air Bah, Kakak-Adik Meninggal
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *