GIANYAR, BALIPOST.com – Untuk mendukung suksesnya pemilu serentak pada Februari 2024 dan Pilkada pada November 2024, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Gede Udayadnya, Jumat (1/12) mengatakan pihaknya telah melakukan rekapitulasi progress perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi pemilih pemula. Berdasarkan hasil rekapitulasi, November 2023 hingga November 2024 terdapat sebanyak 7.513 pemilih pemula.

Dari rekapitulasi tersebut, jumlah pemilih pemula yang sudah melakukan perekaman e-KTP sampai 30 November 2023 sebanyak 82 orang. Jumlah pemilih pemula yang belum melakukan perekaman. e-KTP sebanyak 7.431 orang.

Baca juga:  Setya Novanto Kembali Tolak Panggilan KPK, Kali Ini Pilih Buka Paripurna

Selain penanganan pemilih pemula, dalam Data Pemilih Tetap (DPT) masih banyak tercantum warga Gianyar yang sudah meninggal tertera. Untuk itu, Disdukcapil meminta pihak keluarga segera mengurus akte kematian.

Akte kematian ini bisa menjadi dasar untuk melakukan validasi data pemilih atau menghapus data warga yang sudah meninggal dalam DPT dalam pemilu legislatif maupun dalam DPT Pilkada. (Wirnaya/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *