Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, melaksanakan Pelatihan Wirausaha Muda Pemula Kabupaten Badung. (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, melaksanakan Pelatihan Wirausaha Muda Pemula Kabupaten Badung. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan dan mengembangan jiwa kewirausahaan, khususnya pada pemuda yang tangguh dan berdaya saing, sehingga sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pasar.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Kwarcab Badung, Kerobokan, Kuta Utara, Selasa (28/11) akan berlangsung selama tiga hari dengan agenda pemaparan materi oleh beragam narasumber yang berasal dari praktisi dan akademisi terkait.

Kegiatan dibuka Kelapa Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, I Gusti Made Dwipayana, dihadiri oleh Perwakilan Bappeda Kabupaten Badung Bidang Analisis Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan I.B. Artayasa, Wakil Bendahara HIPMI Badung Bagus Hischak Maulana, S.Kom, Ketua Karang Taruna Kabupaten Badung I Nyoman Adiyanto, serta 50 peserta pelatihan yang terdiri dari perwakilan pemuda kecamatan se-Kabupaten Badung, organisasi kepemudaan serta siswa-siswi SMK.

Baca juga:  Rp 1,2 Triliun dari BPR Lestari untuk Bali Bangkit

Kadisdikpora Badung, I Gusti Made Dwipayana saat membuka kegiatan pelatihan menyatakan, Pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung ini termuat dalam tujuan pembangunan kepemudaan Pasal 3, Undang-undang (UU) NO. 40 tahun 2009. Kewirausahaan Pemuda tentunya perlu dikembangkan untuk mendorong kemandirian pemuda dibidang Ekonomi, mengingat tingkat pengangguran di Indonesia saat ini masih cukup tinggi, utamanya pada pengangguran dari kalangan terdidik.

Fenomena pengangguran di kalangan terdidik, selain disebabkan karena terbatasnya lapangan pekerjaan, juga disebabkan karena tidak sinkronnya kualifikasi lulusan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja/usaha (Link and Match). Hal ini juga sekaligus menjelaskan masih rendahnya tingkat kewirausahaan yang dapat dihasilkan dari dunia pendidikan. Pemerintah Kabupaten Badung Melalui Disdikpora setempat berupaya mengembangkan jiwa kewirausahaan khususnya di usia muda melalui Pelatihan Wirausaha Muda Pemula.

Baca juga:  Ini, Kata Pangdam Dihadapan Ratusan Babinsa

“Kita ingin menciptakan para wirausahawan yang baru di Kabupaten Badung, sehingga nanti mereka dapat menciptakan peluang kerja untuk teman-temannya. Jadi, memang salah satunya kita ciptakan wirausahawan yang nantinya dapat berusaha sendiri, membangun bisnisnya sendiri, dan tentunya dari sisi ekonomi dapat membantu perekonomiannya sendiri. Kedepannya kami harapkan dapat membentuk masa depan mereka dan masa depan keluarga yang lebih baik dari sebelumnya,” ujar Made Dwipayana. (Adv/balipost)

Baca juga:  Atasi Ketimpangan Ekonomi, Kemenkop Perkuat Wirausaha
BAGIKAN