Lereng bukit Abang terbakar. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Hutan di kawasan lereng Bukit Abang, Kintamani terbakar Senin (30/10). Cuaca panas ditambah kencangnya angin menyebabkan api dengan cepat merembet.

Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto mengatakan menurut informasi titik api pertama kali muncul dari wilayah Desa Ban Kecamatan Kubu, Karangasem yang berbatasan dengan Bukit Abang pada Minggu (29/10). Untuk mengantisipasi meluasnya api yang merembet ke wilayah Kecamatan Kintamani, Bhabinkamtibmas Desa Terunyan telah berkoordinasi dengan beberapa Kadus untuk tetap waspada jika api sudah masuk wilayah Kintamani.

“Dan pada 30 Oktober 2023 sekitar pukul 17.30 WITA, api sudah merembet ke lereng Gunung Abang Kintamani. Posisi api berada di tebing lereng sebelah barat tepatnya di atas Banjar Cemara Landung Desa Terunyan dan Banjar Dukuh Desa Abangbatudinding,” kata Ruli, Senin (30/10).

Baca juga:  Banjir Rendam Sejumlah Kawasan Australia, Helikopter Diterjunkan Evakuasi Korban

Aparat gabungan yang terdiri dari Polsek Kintamani, Koramil 04/Kintamani, dan BKSDA Bali Timur hanya bisa memantau kebakaran itu dari bawah. Sebab lokasi kebakaran berada pada lereng terjal dan sulit untuk dijangkau.

“Sampai pukul 19.20 WITA, terpantau titik api sudah merembet ke lereng bukit Abang wilayah Kecamatan Kintamani. Namun karena medan di lokasi kebakaran yang sulit dijangkau ditambah kurangnya penerangan sehingga upaya pemadaman belum bisa dilaksanakan,” jelasnya.

Baca juga:  Per 28 Januari, Dana Rp 300 Juta Sudah Cair di 682 Desa Adat

Dugaan sementara kebakaran dipicu karena adanya gesekan ranting ditambah cuaca panas dan angin kencang.

Selain di bukit Abang, kebakaran hutan juga terjadi di Kawasan Blok Seked Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Batur Bukit Payang Senin (30/10) siang. Hutan yang terbakar berupa semak belukar dan pepohonan.

Ruli mengatakan kebakaran pertamakali diketahui warga sekitar pukul 12.00 WITA. Saksi melihat api pertama kali menyala di semak-semak kawasan Kawasan Blok Seked TWA Gunung Batur Bukit Payang.

Baca juga:  Dari Sidak Duktang di Denpasar hingga Mayat Mr. X Tanpa Busana

Kondisi vegetasi bawah yang kering disertai angin kencang membuat api meluas dengan cepat merembet sampai ke lahan warga di bawah sebuah resto. Saksi selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kintamani.

Sekitar sejam kemudian personel Polsek Kintamani bersama BKSDA mendatangi TKP kebakaran untuk mengecek dan berupaya memadankan api mengunakan alat seadanya. Pemadaman juga dibantu petugas Damkar Bangli.

Tak lama kemudian api akhirnya bisa dikendalikan petugas. Akibat kejadian itu, sekitar 10 hektar lahan Hutan di Kawasan Blok Seked TWA Gunung Batur Bukit Payang ludes terbakar. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *