Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (23/10/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pembangunan bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 1 November mendatang akan dilakukan peletakkan batu pertama atau “groundbreaking” oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sudah siap. Tanggal 1 mungkin, 1 November,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Senin (23/10).

Basuki menjelaskan, peletakan batu pertama untuk memulai pembangunan Bandara VVIP di IKN itu sudah siap dilaksanakan. Peletakan batu pertama dilaksanakan setelah Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat pada akhir Oktober.

Baca juga:  Gedung Graha Utama Akmil Diresmikan

Dengan terbangunnya Bandara VVIP, Basuki berharap investor akan lebih cepat masuk menuju IKN, mengingat bandara tersebut menjadi akses langsung ke IKN. “Ya lebih cepat investor masuk karena lebih dekat. Jadi orang bisa masuk situ langsung di IKN kan,” kata dia.

Selain melakukan peletakan batu pertama, Presiden Jokowi juga akan meninjau progres pembangunan IKN. Meski tidak dirinci, Basuki menjelaskan progres pembangunan IKN kini sudah lebih dari 30 persen.

Baca juga:  'Wall of Fame' ISI Denpasar Ditandatangani Presiden Jokowi di Atas Kapal Phinisi

Dilansir dari laman LPSE Kementerian PUPR, nilai paket konstruksi fisik pemenuhan sebagian kebutuhan pembangunan Bandara VVIP IKN (sisi landasan udara) mencapai Rp4,28 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Bandara VVIP IKN memiliki runway 3.000 x 45 meter dan mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Adapun kapasitas apron mampu menampung tiga pesawat berbadan besar (Wide Body), ditambah satu pesawat berbadan kecil (Narrow Body); atau tujuh pesawat berbadan kecil (Narrow Body), serta kapasitas helipad menampung tiga helikopter. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Batasi Mobilitas, Luhut Imbau Perkantoran Kembali Terapkan WFH
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *