Paruman- Pelaksanaan paruman Kabupaten/Kota se Bali yang berlangsung hari ini di Pura Pasar Agung dalam rangka persiapan Puja Wali Kelima di Pura Pasar Agung, Senin (17/10). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Aktivitas pendakian ke Gunung Agung bakal ditutup sementara waktu. Penutupan itu dilakukan serangakaian pelaksanaan berlangsungnya upacara Puja Wali Purnama kelima di Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem.

Bagian Humas Pura Pasar Agung, I Wayan Suara Arsana, Senin (16/10) mengungkapkan, aktivitas pendakian ditutup mulai 27 Oktober 2023 mendatang. Penutupan aktivitas pendakian ini diberlakukan di seluruh start poin pos pendakian Gunung Agung.

Baca juga:  Wanita Cina Tewas Bersimbah Darah

“Penutupan pendakian ini dilalukan berdasarkan hasil paruman Kabupaten/Kota se Bali yang berlangsung hari ini di Pura Pasar Agung dalam rangka persiapan Puja Wali Kelima di Pura Pasar Agung. Penutupan mulai diberlakukan selama 11 hari, dari 27 Oktober 2023 hingga upacara penyineban,” ujarnya.

Suara Arsana mengatakan, untuk dudonan karya, upacara ida bhatara lunga mesucian ke Toya Sah, Desa Muncan akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2023 mendatang. Setelah itu 28 Oktober 2023 upacara mepepada wewalungan dan Menben. Kemudian pada 29 Oktober 2023 pagi dilaksanakan upacara ngaturang pekelem ke Puncak Gunung Agung, dan siang hari dilaksanakan Puncak Pujawali Purnama Kelima.

Baca juga:  Hujan Abu Semakin Tebal, Stok Masker Terbatas

“Untuk upacara nganyarin oleh masing – masing kabupaten/Kota se-Bali hingga pada 9 November 2023 dilaksanakan upacara penyineban. Jadi, bagi umat Hindu sedharma yang hendak melakukan persembahyangan dipersilakan,” kata Suara Arsana. (Eka Parananda/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *