Wayan Koster mengikuti prosesi pakelem serangkaian karya Danu Kerthi di Danau Batur, Bangli. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., mengikuti prosesi Upacara Pakelem dan Ritual Nuwur Tirtha Amerta di Danau Batur, Sabtu (14/10). Karya ini serangkaian Karya Agung Danu Kerthi, Tawur Agung Labuh Gentuh, Meras Danu lan Gunung, Bakti Pakelem ring Segara lan Pucak Gunung Batur, Mapaselang dan Mapadanan di Pura Segara Ulun Danu Batur, Pura Jati, Songan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Prosesi Upacara Pakelem dan Ritual Nuwur Tirtha Amerta di Danau Batur yang dilaksanakan Wayan Koster, dihadiri langsung oleh Pj. Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya bersama Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Dirjen Bimas Hindu, Prof. Dr. I Nengah Duija, Jero Gede Batur Alitan, beserta Krama Adat Songan Kintamani.

Baca juga:  Pasokan Air Subak Macet, Kolam Bale Kambang Kering

Dalam prosesi yang sakral tersebut, Wayan Koster bersama krama adat setempat melakukan Upacara Pakelem ditengah Danau Batur dengan menggunakan sarana wewalungan kebo hingga bawi. Tujuan dari pelaksanaan upacara ini untuk memuliakan sekaligus menyucikan air, dengan doa supaya Ida Bhatari Dewi Danu memberikan kerahayuan dan kesejahteraan kepada seluruh Krama Bali. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *