Pemilihan Perbekel Serentak 11 Desa di Kabupaten Buleleng. (BP/Yud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Hasil hitung cepat atau quick count pemilihan perbekel di Kabupaten Buleleng menunjukkan sebanyak lima incumbent yang mengikuti perhelatan Pilkel tumbang.

Kelima Perbekel yang tumbang itu yakni, Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt, Desa Sepang Kelod, Kecamatan Busungbiu, Desa Dencarik, Kecamatan Banjar dan Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng.

Untuk Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak incumbent perbekel Ketut Bijaksana hanya mampu meraup suara 1113 suara, kalah tipis dengan calon lainnya Putu Sukarata yang meraup 1361 suara.

Untuk Desa Pangkungparuk, Kecamatan Seririt, incumbent perbekel Ketut Sudiarsana hanya meraih suara 873 sedangkan lawannya yang merupakan kaur keuangan meraup suara 1903 suara.

Untuk Desa Sepang Kelod, Kecamatan Busungbiu, incumbent perbekel Ketut Ngurah hanya mampu meraih suara 517 suara sedangkan new comer diraih Made Suarja dengan raihan 889 suara.

Baca juga:  Daftar Lagi, Ketua KPU Klungkung Tak Lolos Seleksi

Sementara untuk Desa Dencarik Incumbent Perbekel Ni Luh Kerthawati hanya mampu meraih 894 suara, sedangkan pilkel di Desa Dencarik dimenangkan oleh Bendesa Adat Putu Riasa dengan raihan 979 suara.

Sementara untuk di Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng, incumbent perbekel Putu Madia hanya meraup 914 suara sedangkan lawannya Kadek Surya Darmawan meraup suara 1846 suara.

Sedangkan untuk Desa Musi, Kecamatan Gerokgak kemenangan kembali incumbent Nyoman Arya Subawa dengan raihan 923 suara. Untuk Desa Sangsit pula dimenangkan oleh Incumbent Putu Arya Suyasa dengan raihan 2429 suara. Sedangkan Desa Bondalem juga kembali dipimpin oleh incumbent Gede Arya Odantara dengan raihan suara 3471.

Baca juga:  PPDB SMP Denpasar, Seleksi NUN Diserahkan ke Sekolah

Sedangkan untuk Desa Sembiran kini dipimpin oleh newcomer I Ketut Gede Widhi Dony Ariwan dengan raihan suara 1307. Sedangkan untuk Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar dimenangkan oleh Made Sutama yang juga anggota BPD dengan raihan suara 2373. Sementara untuk Desa Tukad Sumaga dimenangkan oleh Anak Agung Sriwati dengan 2462 suara.

Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Buleleng I Made Dwi Adnyana membenarkan jika hasil hitung cepat ada sebanyak 5 calon perbekel yang tumbang. Kelima perbekel tersebut disebutnya kalah tipis dengan raihan suara dari lawannya.

“Hasil Hitung cepat, ada 5 perbekel yang kalah di pilkel kali ini. Ada 2 pemenang perempuan yang menjadi perbekel, sisanya ada yang sebagai kelian adat dan BPD di Desa yang memenangkan kontestasi pilkel serentak ini,”terangnya.

Baca juga:  Karena Ini Bangli Titip Vaksin Covid-19 di Provinsi

Dwi menjelaskan, hasil pemantauan yang dilakukan, perhelatan pilkel kali ini sudah berjalan dengan lancar. Bahkan saat ini rata – rata partisipasi pemilih di 11 Desa itu mencapai 70 persen. “Astungkara mulai dari pencoblosan hingga perhitungan suara sudah berjalan lancar. Pantauan teman – teman di lapangan situasi juga dikabarkan masih terkendali,” tegasnya.

Lanjut Dwi, tahapan selanjutnya setelah rekapitulasi penghitungan suara penetapan calon terpilih dilakukan pada Senin (25/9). Sementara penyampaian keberatan atas hasil pemilihan dapat dilakukan pada Selasa (26/9) hingga Kamis (28/9). Sedangkan Pelantikan Perbekel terpilih dilakukan pada Jumat (29/9). (Nyoman Yudha/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *