Besakih- Kawasan Pura Agung Besakih dipasangi wifi gratis untuk mengatasi Maslah blank spot. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karangasem memasang puluhan WiFi gratis Bali Smart Island (BSI) di pasar, areal Pura Sad Kahyangan, serta beberapa areal pabrik. Pemasangan WiFi itu dilakukan guna mengatasi masalah blank spot.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karangasem I Gusti Ngurah Swisnawa mengungkapan, pemasangan WiFi gratis itu sudah dimulai dilakukan sejak Agustus 2023 lalu. Dan hingga saat ini pemasangan masih terus dilakukan. “Pemasangan masih terus berproses. Hingga akhir tahun 2023 tercatat 73 WiFi rampung dipasang,” ucapnya.

Baca juga:  Puluhan Jukung di Jembrana Dicek Alat Tangkap

Swisnawa mengatakan, untuk pemasangan WiFi itu dilakukan di sejumlah tempat, yakni pasar, areal Pura, serta di areal publik. Kata dia, untuk areal Pura, pihaknya memprioritaskan wilayah Pura Besakih. Pasalnya, Pura Besakih sangat padat pengunjung. Sedangkan untuk pasar di pilih wilayah yang memang selama ini susah mendapatkan sinyal.

“Pemasangan WiFi ini bagian upaya untuk mengatasi Masalah blank spot yang terjadi di sejumlah wilayah di Karangasem.Mengingat wilayah Kabupaten Karangasem terdapat banyak pegunungan, sedangkan tower telekomunikasi tidak mampu untuk menjangkau ke wilayah pedesaan dan pegunungan. Jadi, kita harap dengan adanya pemasangan WiFi ini nantinya mampu mengatasi persoalan ini,” harapnya.

Baca juga:  Patroli Gabungan TNI-Polri Sasar Tempat Ibadah

Dia menjelaskan, dengan adanya pemasangan WiFi tersebut sampai saat ini sudah ada sekitar 214 WiFi BSI yang terpasang di beberapa wilayah di Kabupaten Karangasem seperti Pasar, Banjar Adat, Pura, Puskesmas dan yang lainnya. ” Anggaran pemasangan WiFi tersebut semuanya berasal dari Dana BKK Provinsi Bali. Dan untuk tahun ini Karangasem mendapat sebesar Rp 2 miliar 88 juta,” jelasnya. (Eka Parananda/Balipost).

 

Baca juga:  Diguyur Hujan Deras Tiga Hari, Gunung Agung Keluarkan Solfatara hingga 1.500 Meter
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *