Suasana di Pasar Kumbasari yang kini sedang proses penataan. (BP/Eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Renovasi Pasar Kumbasari, Denpasar sudah dikerjakan sejak 23 Juni 2023 lalu. Progres pengerjaan minggu kesebelas disampaikan Kabid Penataan Bangunan, Penataan Ruang, Jasa Konstruksi Lingkungan Permukiman Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar, I Wayan Dirgayasa, Senin (11/9) teah mencapai 14 persen. Artinya, terjadi deviasi 2,7 persen dari target yang ditetapkan 11,2 persen lebih.

Ia mengakui, pengerjaan proyek ini terus dikebut. “Jadi, saat ini pengerjaannya terus dikebu,” jelas Dirgayasa.

Baca juga:  Jelang Galungan, BBPOM Sidak ke Pasar Badung dan Kumbasari

Menurut dia, pengerjaan saat ini terus berlanjut. Proses perehaban yang masih dikerjakan yakni penataan parkir lantai 1, penataan pedagang, pembuatan minihall dan oenataan ruang pameran. Sebab, pada lantai 3 akan digunakan sebagai sentra Industri Kecil Menengah (IKM) dari binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar.

Menurutnya, pemenang tender proyek perehaban dengan nilai kontrak anggaran Rp 13.028.700.000 atau Rp 13 miliar. Total tersebut lebih rendah dari pagu anggaran yang ditetapkan senilai Rp 14.654.750.000.

Baca juga:  Hujan Deras Dinihari, Ratusan Lapak Pedagang Kumbasari Terendam

Dirgayasa memaparkan pengerjaan proyek tersebut akan memakan waktu sekitar 6 bulan yang akan berakhir pada pertengahan Desember 2023. “Targetnya pertengahan Desember nanti harus sudah selesai. Jadi kami terus melakukan pengawasan agar pengerjaan sesuai dengan detail engineering design (DED),” imbuhnya.

Sebelumnya, Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wiranata alias Gus Kowi, mengungkapkan Pasar Kumbasari akan dijadikan sentra industri kecil menengah (IKM). Revitalisasi ini dilakukan untuk menata kembali agar memiliki fasilitas yang baik untuk dikunjungi. “Selain proses revitalisasi, sosialisasi secara internal kepada pedagang juga sudah dilakukan karena akan menyasar selasar Pasar Kumbasari,” ujarnya. (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  Panglima TNI dan Kapolri Cek Penerapan Prokes di 2 Pasar Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *