Sebanyak delapan belas bendera Partai Politik (Parpol), Jumat (18/8) tiba di Kabupaten Tabanan dalam acara Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Sebanyak delapan belas bendera Partai Politik (Parpol), Jumat (18/8) tiba di Kabupaten Tabanan dalam acara Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Menariknya, dalam acara serah terima Kirab di Taman Bung Karno ini, Ketua KPU Tabanan beserta seluruh jajarannya mengenakan kostum tarian tradisional Bali sebagai bentuk kearifan lokal.

Ketua KPU Tabanan, Putu Gede Weda Subawa mengatakan, ide atau gagasan mengenakan style tari tarian tradisional ini adalah bentuk dukungan dari KPU Tabanan untuk selalu menggaungkan kearifan lokal. Ada yang mengenakan kostum tari Cenderawasih, Tari Oleg, bahkan Ketua KPU Tabanan sendiri mengenakan pakaian Topeng dari properti pribadi, mengingat Ketua KPU Tabanan memang dikenal getol kerap tampil ‘ngayah’ tari topeng di setiap upacara keagamaan.

Baca juga:  Dibiarkan Mangkrak Puluhan Tahun, Tabanan Masih Terus Berupaya Tata DTW Bedugul

Lanjut, kata Weda acara seremonial kirab ini adalah program nasional yang dilakukan dalam menyongsong 1 tahun menuju peringatan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024. Nantinya bendera Parpol peserta Pemilu 2024 ini akan dibawa keliling Kabupaten Tabanan selama lima hari ke depan, sebelum nantinya dilanjutkan untuk dibawa menuju kabupaten Buleleng pada tanggal 24 Agustus 2023.

“Kirab Pemilu 2024 ini sekaligus sebagai salah satu bentuk sosialisasi dan edukasi, agar partisipasi masyarakat dapat meningkat untuk menggunakan hak suara dalam Pemilu serentak 2024,” harap Weda.

Baca juga:  Bawaslu Temukan Ratusan Dugaan Pelanggaran dalam Tahapan Pemilu 2024

Selama enam hari ke depan, KPU Tabanan telah membuat agenda agar bendera parpol ini keliling di masing-masing kecamatan. Untuk di KPU Tabanan, lanjut kata Weda akan keliling di masing-masing kecamatan atau penggabungan kecamatan seperti Tabanan-Kerambitan, Selemadeg Timur-Selemadeg, Selemadeg Barat-Pupuan, Penebel-Baturiti, dan Kediri-Marga.

Tak kalah seru, usai serah terima Kirab Pemilu 2024 dari KPU Badung, selanjutnya Bendera Parpol ini akan dibawa keliling di kawasan kota Tabanan sebagai simbol dimulainya Kirab Pemilu di kabupaten Tabanan, diiringi oleh Okokan dari Kerambitan serta Marching Band dari Poltrada Bali.

Baca juga:  Ini, Parpol di Jembrana yang Tak Daftarkan Bacaleg

Kirab Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Tabanan tentu memegang peranan yang strategis, utamanya dalam pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 dengan penuh sukacita. Hal tersebut dikarenakan, Pemilu adalah pesta seluruh rakyat dan di sinilah suara atau hak pilih masyarakat akan menentukan nasib bangsa ke depannya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN