Wisatawan mengunjungi Water Blow, Nusa Dua yang merupakan salah satu DTW di kawasan Badung Selatan. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan ke Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung makin ramai. Kondisi ini tercermin dari tingkat hunian hotel di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang mencapai hampir 100 persen pada semester pertama 2023.

General Manager The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita, Senin (31/7) mengatakan tingkat hunian rata-rata kawasan meningkat hampir 100 persen, yaitu sebesar 97,33 persen dibandingkan semester I tahun 2022. “Tingkat hunian rata-rata kawasan selama Januari-Juni 2023 mencapai 67,33 persen, yang mengalami pertumbuhan sebesar 97,33 persen dari tingkat hunian rata-rata pada periode yang sama tahun di 2022 yang hanya mencatat angka sebesar 34,02 persen,” ujarnya.

Baca juga:  Crossborder Tourism Dimatangkan di Pulau Dewata Bali

Adapun kunjungan wisatawan selama Januari- Juni 2023, kata Ngurah Ardita didominasi oleh wisatawan mancanegara. Jumlahnya mengalami pertumbuhan sebesar 21,37 persen menjadi 84.246 orang dari 69.411 orang pada pada periode sama tahun sebelumnya.

“Daerah Tujuan Wisata Water Blow Peninsula, yang merupakan salah satu spot wisata alam mencatat kunjungan wisatawan sebesar 27.741 orang selama periode itu atau tumbuh 69 persen dibandingkan kunjungan periode yang sama tahun 2022 sebesar 16.450 orang,” jelasnya.

Baca juga:  Disebut akan Ikut Kampanye Hari Terakhir, Jokowi Tegaskan Ini

Menurutnya, tingkat okupansi kawasan periode Januari -Juni 2023 menunjukkan peningkatan yang positif, didorong oleh peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik. Penawaran promo-promo menarik dari tenant pada saat periode liburan mendorong datangnya wisatawan menginap dan berlibur di kawasan.

Kegiatan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) juga memberikan dampak tingkat hunian di kawasan. “Selain itu, kelengkapan fasilitas dan atraksi yang dimiliki kawasan serta pengelolaan kawasan dan hotel-hotel kami yakini pula menjadi faktor yang mendorong kepercayaan publik untuk menginap, menghabiskan liburan, serta melakukan aktivitas MICE di kawasan The Nusa Dua,” terangnya.

Baca juga:  Pascagempabumi Berkekuatan 6,9 SR, Tujuh Kali Gempa Susulan Terjadi

Dikatakan, pihaknya selalu membuka peluang kepada para pelaku pariwisata untuk menyelenggarakan event-event dan juga kegiatan MICE di kawasan Nusa Dua. Berbagai penawaran promo yang menarik dari tenant juga siap menyambut periode liburan di semester II tahun 2023. “Kami harapkan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung serta meningkatkan tingkat hunian di kawasan,” ucapnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *