Telkomsel turut berperan serta mengikuti Mangrove Festival dengan tema “Mangrove Indonesia untuk Dunia” yang diadakan pada 28-29 Juli 2023 di Mangrove Information Center. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Memperingati hari mangrove sedunia yang jatuh pada 26 Juli, Telkomsel turut berperan serta mengikuti Mangrove Festival dengan tema “Mangrove Indonesia untuk Dunia” yang diadakan pada 28-29 Juli 2023 di Mangrove Information Center, Denpasar. Telkomsel memberikan edukasi terkait pengurangan dampak negatif terhadap perubahan iklim dan mengkompensasi emisi karbon yang dilakukan dalam Program Carbon Offset, Telkomsel melalui insiatif Telkomsel Jaga Bumi bersama Jejak.in.

Manager CSR Environment and Ecosystem, Gumilar Henda Nugraha Ali dalam rilisnya menjelaskan sebagai salah satu program CSR Telkomsel, inisiatif Telkomsel Jaga Bumi berkomitmen menggerakkan perubahan di Indonesia dengan berfokus secara konsisten mengambil peran terdepan dalam menghadirkan dampak positif terhadap kelestarian bumi dan lingkungan hidup. “Pada kesempatan ini kami menghadirkan sesi edukasi tentang perubahan iklim, jejak karbon, dan mangrove. Telkomsel berharap inisiatif ini sebagai langkah kolaboratif untuk membuka berbagai peluang dalam mengkompensasi emisi karbon secara inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” jelasnya.

Baca juga:  Di Denpasar, Pelaksanaan US Ditentukan Sekolah

Dengan membuka berbagai kolaborasi serta menghadirkan pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas teknologi digital terdepan, pihaknya berharap dapat terus aktif menjalankan bisnis yang berkelanjutan sesuai dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Dipaparkannya, Carbon Offset dari Telkomsel sendiri merupakan salah satu aktivitas CSR melalui inisiatif Program Telkomsel Jaga Bumi yang berkolaborasi dengan Platform Jejak.in.

Program yang digelar sejak Desember 2022 ini mengajak para pelanggan ikut serta dalam enviromental movement dengan menukarkan Telkomsel Poin menjadi kontribusi yang setara dengan sebatang pohon untuk mengkompensasi emisi karbon. Pelanggan bisa melakukan penukaran poin melalui SMS ke 777 dengan mengetik JAGABUMI5 untuk menukarkan 50 poin (setara dengan 0.1 pohon/2.93 kg CO2e) atau JAGABUMI50 untuk menukarkan 500 poin (setara dengan 1 pohon/29.33 kg CO2e) sekaligus.

Baca juga:  Dukung PBM Online, Telkomsel Sediakan "Kuota Terjangkau"

Selain Program Carbon Offset, dalam inisiatif ini terdapat beberapa program yang mengintegrasikan elemen proses bisnis dengan upaya pelestarian lingkungan dan bumi, seperti Program Waste Management yang berkolaborasi dengan PlusTik untuk mendaur ulang kemasan kartu perdana dan cangkang kartu SIM berbahan dasar plastik hingga menjadi produk reusable dan sustainable, Program Digitalization Support untuk melindungi ekosistem hutan mangrove Tahura Ngurah Rai melalui pemanfaatan teknologi Internet-of-Things (IoT) bersama dengan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Bali, kerja sama Telkomsel Jaga Bumi dan Volta untuk menghadirkan bundling motor listrik sebagai solusi transportasi ramah lingkungan yang hemat, efisien, dan bernilai tambah. (kmb/balipost)

Baca juga:  Jaga Ketertiban, Duktang di Kelurahan Peguyangan Didata
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *