KMP Trisna Dwitya yang lepas dari kandas setelah lebih dari 12 jam, tak bisa bergerak dan penumpang dievakuasi ke daratan. (BP{/Olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Setelah kurang lebih 12 jam kandas di perairan dekat Pelabuhan Gilimanuk, KMP Trisna Dwitya akhirnya bisa bergerak dan bersandar di dermaga, Rabu (19/7) siang.

Sebelumnya, Kapal Motor penumpang yang mengangkut puluhan penumpang dan belasan unit truk ini sempat kandas terseret arus deras Selasa (18/7) malam sekitar pukul 21.40 Wita. Seluruh penumpang juga telah dievakuasi ke daratan.

Kapal berhasil lepas kandas setelah air laut naik. Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Pelabuhan Gilimanuk, I Nyoman Agus Sugiarta, membenarkan KMP yang masih mengangkut sejumlah kendaraan itu sudah lepas dari kandas sekitar pukul 12.51 Wita. Dari data yang dihimpun selain 24 penumpang, kapal juga mengangkut 5 unit sepeda motor, 1 truk sedang, truk besar sebanyak 4 unit dan 8 unit truk tronton.

Baca juga:  Mudik Lebaran, Dishub Bali Antisipasi Penerbangan Ditutup

Sebelum lepas dari kandas, sejatinya sudah diupayakan menarik kapal menggunakan kapal lainnya. Namun tidak berhasil. “Sempat dilakukan proses penarikan KMP Trisna Dwitya menggunakan KMP SMS Swakarya, tetapi belum berhasil dan beberapa kali tali putus,” terangnya. Hingga beberapa jam kemudian, ketika air laut naik, kapal kembali bisa lepas dari kandas. Sementara seluruh penumpang termasuk para sopir truk yang kendaraannya masih berada di kapal, menunggu di Pelabuhan Gilimanuk. Mereka sebelumnya dievakuasi dari petugas Satpolairud Polres Jembrana dua jam setelah kapal diketahui kandas. (Surya Dharma/Balipost)

Baca juga:  Kasad Akan Distribusikan Seribu Alat Rapid Test

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *