Nasi campur Men Weti. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali selalu jadi destinasi favorit wisatawan lokal dan mancanegara. Salah satu yang menjadi penyebab wisatawan betah berada di Bali karena beragam kuliner khas yang enak dan lezat.

Ada beragam makanan yang wajib dicoba jika berkunjung ke Bali. Berikut lima di antaranya, dikutip dari berbagai sumber :

1. Nasi Bali Men Weti

Nasi Bali Men Weti adalah salah satu kuliner Bali legendaris yang sudah buka sejak tahun 1970, terletak di Jl. Pantai Segara, Sanur, Denpasar. Nasi Bali Men Weti buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 11 siang.

Nasi Bali ini memang selalu menjadi incaran wisatawan yang datang ke Bali. Dengan isian nasi putih dengan beragam pilihan lauk seperti ayam goreng, ayam betutu, kuah pindang, sayur urab, telur rebus, kacang goreng dan sambal. Untuk 1 porsi nasi Men Weti dihargai Rp30.000 sudah dengan minum.

2. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng adalah warung makan yang menggunakan ikan sebagai bahan dasar dari menu yang dijual. Warung ini sudah buka sebelum Indonesia merdeka yaitu mulai tahun 1941.

Baca juga:  Kandang Pengusaha Babi Guling Tertimpa Pohon Tumbang

Terletak di Jl. Hang Tuah No.45 Sanur, Denpasar. Warung ini hanya menjual 1 paket menu yang berisi nasi, ikan laut goreng, dan soup kepala ikan laut. Dengan harga 1 paketnya yaitu Rp55.000.

3. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku adalah tempat makan yang wajib didatangi wisatawan domestik maupun mancanegara saat berkunjung ke Bali. Warung nasi ini memiliki 3 cabang dengan pusatnya ada di Ubud, Gianyar.

Sementara cabang lainnya ada di Seminyak, dan Renon. Jam buka dari warung nasi ini mulai pukul 8 pagi sampai 9 malam. Warung nasi ini hanya memiliki 3 menu makanan saja yaitu Nasi Ayam Kedewatan Spesial, Nasi Ayam Kedewatan Biasa dan Nasi Vegetarian Kedewatan.

Untuk isian dari menu Nasi Ayam Kedewatan biasa dan spesial kurang lebih sama yaitu jika Nasi Ayam Kedewatan Spesial, nasi dan lauknya dipisah serta berisi Kuah Ayam Betutu yang terpisah juga, sedangkan untuk Nasi Ayam Kedewatan Biasa terdiri dari nasi, lauk dan kuahnya disajikan dalam 1 piring. Lauk yang disajikan cukup beragam mulai dari ayam betutu, ayam sisit, ati, ampela / gorengan ayam, sayur urab, kacang goreng, sambel embe, telur pindang, sate lilit dan pepes ayam. Harga 1 menunya mulai dari Rp20.000 sampai Rp35.000.

Baca juga:  Lewat PKB, Pedagang Kuliner Diajak Lestarikan Kekhasan Makanan Tradisional Bali

4. Babi Guling Pande Egi

Babi Guling Pande Egi adalah salah satu dari banyaknya warung makan babi guling yang ada di Bali. Lokasinya di Banjar Pande, Beng, Gianyar. Warung ini buka mulai pukul 8 pagi sampai 9 malam.

Warung babi guling ini terkenal tidak hanya karena makanannya yang enak tetapi pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah karena berada di samping hamparan sawah yang menyejukkan mata. Menu paket yang di tawarkan dari warung ini ada paket original, paket spesial, paket jumbo, paket biasa, paket sate dan paket kuah.

Isiian dari menu paket biasa, jumbo dan juga spesial sebenarnya sama, yang menjadi pembeda hanyalah paket spesial nasinya terpisah, jumbo porsi nasi lebih banyak, sedangkan biasa nasinya dengan porsi standar. Untuk paket original hanya berisi nasi dan lauk babi dan sambel tanpa gorengan dan lawar.

Baca juga:  Kalah Saing dengan Kuliner Mancanegara, Kuliner Bali Belum Jadi Tuan Rumah

Untuk lauk paket spesial jumbo dan biasa lauknya berisi lawar, daging goreng, daging babi putih, kulit babi, urutan dan sambel. Harga paketnya mulai dari Rp6.000 sampai 36.000.

5. Babi Guling Swari

Babi Guling Swari merupakan salah satu warung babi guling yang banyak peminatnya. Warung babi guling ini buka mulai dari pukul 9 pagi sampai 1 malam.

Terletak di Jl. Pulau Salawati, Denpasar dan memiliki cabang di Canggu, Badung. Warung babi guling ini menawarkan beragam menu yang bisa dipilih oleh pengunjung. Di antaranya babi guling tanpa kuah, babi guling dengan kuah balung, babi guling spesial serta ada paket hemat yang langsung dengan es teh.

Isian dari babi guling ini juga beragam mulai dari lawar, sayur singkong, babi guling putih, babi goreng, urutam, kulit babi, dan sambel. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp15.000 sampai Rp25.000 untuk makan ditempat, sedangkan untuk dibungkus harganya mulai Rp12.000. (Apsari/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *