Kanopi Tempat Swafoto di Pelabuhan Tau Buleleng Keropos. (BP/Yud)

 

SINGARAJA, BALIPOST.com – Sejumlah fasilitas di Pelabuhan Tua Buleleng nampaknya butuh sentuhan perbaikan. Pasca sandaran di dermaga apung sudah diperbaiki,kini kanopi tempat untuk berswafoto kayunya sudah mulai keropos. Kondisi ini pun cukup membahayakan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung.

Kerusakan kanopi ini sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Bahkan kanopi di sisi selatan Gedung Mr I Gusti Ketut Pudja sempat dialihfungsikan menjadi lapak-lapak pedagang. Tak pelak kondisi kayu yang sudah mulai keropos ini merusak wajah Pelabuhan Tua Buleleng sebagai saksi sejarah perjuangan Bali melawan Penjajah.

Baca juga:  Pariwisata Nusa Penida, Pungutan dan Fasilitas Umum Tak Sepadan

Dikonfirmasi, Kamis ( 1/6 ) Kepala Dinas Pariwisata Buleleng I Gede Dody Sukma, menjelaskan saat ini Dispar Buleleng sedang melakukan kajian untuk menindaklanjuti kondisi yang ada, termasuk kerusakan kanopi di sebelah Utara dan sebalah Selatan Gedung Mr I Gusti Ketut Pudja. Pihaknya akan segera melakukan revitalisasi DTW Pelabuhan Buleleng untuk meningkatkan fungsi dan estetikanya.

“Sedang dilakukan kajian yang komprehensif nanti dilakukan Brida (Badan Riset dan Inovasi Daerah) Buleleng. Secepatnya akan kami tindak lanjuti,” terang Dody.

Baca juga:  Sejumlah Tenaga Pengajar dan Siswa Meninggal Akibat Gempa

Dari hasil kajian itu, akan dibuat Detail Engineering Design (DED) kemudian akan diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan anggaran. Selain kanopi Tempat Swafoto Keropos, sarana lain yang perlu dipenuhi seperti lampu penerangan, perbaikan jalan, taman hingga landmark juga perlu perbaikan. (Yuda/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *