SMKN 1 Denpasar menggelar acara wisuda dan pelepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2022/2023 di aula sekolah setempat, yang berlangsung dua sesi, Selasa (16/5) dan Rabu (17/5). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – SMKN 1 Denpasar menggelar acara wisuda dan pelepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2022/2023 di aula sekolah setempat, yang berlangsung dua sesi, Selasa (16/5) dan Rabu (17/5). Sebanyak 854 siswa diwisuda dan dilepas dalam acara yang mengusung tema “Mewujudkan Generasi yang Cerdas, Unggul, Tangguh, Inovatif dan Berkarakter.”

Menarik, dari jumlah itu, sebanyak 79 orang diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan. Ketua Panitia Wisuda dan Pelepasan, Dra. Desak Made Rai, M.Pd. dalam laporannya menyampaikan, melalui tema tersebut diharapkan semua lulusan memiliki kemampuan bersaing secara global, mampu menjawab semua tantangan yang ada, dapat mendorong kreasi dan inovasi, sehingga melahirkan peluang-peluang baru.

Disampaikan, dari 854 orang lulusan yang diwisuda dan dilepas tersebut, sebanyak 79 orang sudah diterima di PTN melalui jalur undangan (prestasi nilai rapor). ‘’Sebagian siswa juga sudah diterima bekerja di dunia kerja dan dunia industry seusai mengikuti uji sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan oleh LSP1 SMK Negeri 1 Denpasar,’’ ujar Desak Rai yang Wakasek Humas SMKN 1 Denpasar.

Baca juga:  Mulai Diadili, Pasangan Kekasih Jadi Kurir Narkoba

Sementara itu Kepala SMKN 1 Denpasar, I Wayan Mustika, S.Pd., M.Pd. menyampaikan, keberhasilan yang diraih oleh para siswa adalah berkat kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak. Mengantisipasi tantangan ke depan, pihaknya mencanangkan penerapan Kurikulum Merdeka menuju SMK sebagai pusat unggulan (PK), yang saat ini sedang dalam proses.

Mustika mengatakan sebagai upaya untuk mengikuti kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat, lulusan hendaknya terus meningkatkan keterampilan dan kompetensi, pembelajaran ditingatkan melalui teaching factory, project base learning, dan menghasilkan produk yang siap dipasarkan. ‘’Untuk itu SMKN 1 Denpasar akan terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, terutama masyarakat (komite), dunia industry dan duna kerja (dudika) dan tentunya pemerintah, baik daerah maupun pusat,’’ ujar mantan Kepala SMKN 1 Petang ini.

Baca juga:  Warga RSUP Sanglah Siap Nyoblos

Mustika juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar SMKN 1 Denpasar yang telah mengantarkan sekolah ini menjadi juara umum III dalam Porsenijar Kota Denpasar 2023. Wisuda dan pelepasan siswa kelas XII itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali yang diwakili oleh Kasi Kurikulum Bidang PSMK I Gede Agus Rai, S.Sn., M.Sn.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi bahwa SMKN 1 Denpasar telah mengantarkan siswanya lulus 100 persen dan ada yang diterima di dunia kerja dan dunia industri, bahkan sebelum pengumuman kelulusan. Kasi Kurikulum menyambut baik SMKN 1 Denpasar telah mencanangkan sebagai SMK PK dan menerapkan Kurikulum Merdeka.

Kepada wisudawan pihaknya berpesan bahwa salah satu program SMK adalah BMW (Bekerja, Melanjutkan dan Wirausaha). Dalam acara wisuda juga diserahkan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik di masing-masing kelas yang didampingi oleh Ketua Komite SMKN 1 Denpasar, I Ketut Widiana Karya, S.E., M.B.A.

Baca juga:  Dua Kepsek Raih Pin Emas Kapolri

Ketua Komite sangat mengapresiasi acara wisuda dan pelepasan yang menjadi puncak dari perjuangan manajemen, guru, pegawai dan siswa dalam meraih prestasi. Selaku wakil dari seluruh orangtua siswa, I Ketut Widiana Karya menyampaikan apresiasi yang tinggi pada kepala sekolah khususnya dan seluruh jajaran yang telah mampu melewati masa sulit dalam pendidikan, terlebih mengelola dan mendidik siswa dalam jumlah besar.

Acara diisi dengan pembacaan kesan dan pesan dari kelas Xll diwakili oleh I Made Gautama lulusan dari Kompetensi Kealian RPL dan I Kadek Dwiki dari Kompetensi Keahlian TPTU, keduanya adalah peraih juara I (medali emas) dan juara IIII (medali perunggu) dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional tahun 2022. Kedua perwakilan tersebut menyampaikan kesan yang menginspirasi, selalu semangat dan berjuang dalam menghadapi tantangan. Acara wisuda ditandai dengan pengalungan Gordon kepada seluruh wisudawan dan diakhiri dengan pembacaan janji wisudawan. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *