Kepala SMKN 1 Denpasar I Ketut Suparsa didampingi Ketua Komite I Ketut Widiana Karya mewisuda dan melepas lulusan SMKN 1 Denpasar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – SMKN 1 Denpasar menggelar acara wisuda dan pelepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2021/2022 di aula sekolah setempat. Wisuda digelar dalam dua sesi, yakni Selasa (14/6) dan Rabu (15/6). Sebanyak 725 orang lulusan diwisuda dan dilepas dalam acara tersebut.

Ketua Panitia Dra. Desak Made Rai, M.Pd. dalam laporannya menyampaikan, tema yang diusung dalam acara wisuda dan pelepasan kali ini yakni “Siap Berinovasi Dalam Era Digital’’. Pemilihan tema tersebut diharapkan dalam setiap tantangan yang ada, dapat mendorong kreasi dan inovasi, sehingga melahirkan peluang-peluang baru, terutama yang bersifat digital sesuai dengan era yang berkembang, selanjutnya dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efesien dan efektif.

Dalam acara yang berlangsung offline tersebut, Kepala SMKN 1 Denpasar, I Ketut Suparsa, S.T., M.T. melepas wisudawan sebanyak 725 orang dari 11 Kompetensi Keahlian, diterima oleh Ketua Komite SMKN 1 Denpasar, I Ketut Widiana Karya, S.E., M.B.A., selaku perwakilan orangtua siswa. Suparsa menyampaikan, wisuda dan pelepasan kali ini adalah yang pertama kali secara ofline, setelah masa pandemi Covid-19.

Baca juga:  Sepuluh Tahanan Digeser ke Bangli

Siswa angkatan ini adalah yang paling besar kena dampak COVID-19. Tidak lebih dari 1,5 tahun mereka dapat belajar secara normal. Namun, demikian di tengah masa pandemi, belajar tatap muka terbatas untuk pelajaran produktif/praktik tetap dilangsungkan, dengan protokol kesehatan yang ketat.

Lulusan ini juga baru pertama kali mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh LSP- P1 yang diikuti oleh seluruh siswa. Yang membanggakan, dari 725 lulusan, sebanyak 62 orang sudah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN), baik di Bali maupun luar Bali.

Baca juga:  UNBI Siapkan Kurikulum Sesuai Kebutuhan Dunia Kerja

Hal tersebut tentu membanggakan, namun Suparsa tetap menekankan bahwa lulusan SMK hendaknya menjadikan dunia kerja dan wirausaha sebagai prioritas untuk membangun ekonomi bangsa. Kepada wisudawan, Suparsa juga berpesan agar terus belajar mengembangkan potensi diri.

Hal ini sesuai dengan motto sekolah yaitu “Abyasad Dharyati Vidya” yang artinya peliharalah ilmu pengetahuan dengan cara mempraktikkan dalam kebiasaan hidup. Dalam acara wisuda juga diserahkan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik di masing-masing kelas yang didampingi oleh Ketua Komite I Ketut Widiana Karya, SE., MBA.

Ketua Komite sangat mengapresiasi acara wisuda dan pelepasan yang menjadi puncak dari perjuangan manajemen, guru, pegawai dan siswa dalam meraih prestasi. Widiana menyampaikan apresiasi yang tinggi pada kepala sekolah khususnya, dan seluruh jajaran sekolah yang telah mampu melewati masa sulit dalam pendidikan karena mengelola dan mendidik siswa dalam jumlah besar.

Baca juga:  Ada yang Ganjil di Wisuda Unud

Dalam acara tersebut, pembacaan kesan dan pesan dari kelas Xll diwakili oleh I Putu Putra Sentana kelas Xll Teknik Instalasi Tenaga listrik, dan Gede Made Rahaditya Eka Sakti kelas Xll Multimedia. Kedua perwakilan tersebut menyampaikan kesan yang menginspirasi selalu semangat dan berjuang dalam menghadapi tantangan. Acara wisuda ditandai dengan pengalungan gordon kepada seluruh wisudawan dan diakhiri dengan pembacaan janji wisudawan. (Adv/balipost)

BAGIKAN