Ketua DPR RI Puan Maharani saat menghadiri acara pemberian santunan kepada 1.000 anak yatim piatu yang diselenggarakan oleh Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR RI di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV, kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (4/4/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pemerintah diingatkan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik memasuki cuti bersama Lebaran 2023. “Ini akan menjadi mudik kita yang pertama setelah PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat). Oleh sebab itu, mudik kali ini akan dipadati pemudik yang pulang ke kampung halamannya,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (18/4).

Puan mengingatkan pula pemerintah pusat hingga daerah untuk mempersiapkan skenario terbaik demi kenyamanan pemudik. “Diperlukan kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengurai kemacetan. Jangan sampai ada penumpukan kendaraan di beberapa titik rawan,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat mudik Lebaran 2023, Puan mengimbau pemerintah pusat dan daerah untuk bersinergi mengantisipasi lonjakan kendaraan yang akan keluar dari Ibu Kota, di antaranya menyiapkan rekayasa lalu lintas di beberapa titik jalur keluar DKI Jakarta.

Baca juga:  Sepanjang 2023, Investasi 20 KEK Capai Rp 177,5 Triliun

Agenda mudik tahunan menjelang Idulfitri, kata Puan, biasanya didominasi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi menuju kampung halamannya. Pemerintah pusat dan daerah harus memiliki strategi untuk mengurai kemacetan.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu meminta Pemerintah untuk menyiapkan strategi paling efektif demi kenyamanan pemudik. Menurut dia, kerja sama lintas instansi sangat diperlukan.

Seluruh kementerian dan lembaga, termasuk Kementerian Perhubungan dan Polri, kata dia, harus bisa bersinergi dengan baik untuk bisa menjaga kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dengan menyiapkan rekayasa lalu lintas dan fasilitas penunjang di posko-posko mudik.

Baca juga:  Vital, Peran Humas Jembatani Komunikasi Pemerintah dengan Masyarakat

Puan juga meminta pemerintah daerah (pemda) agar menyiapkan upaya pengurai kemacetan saat pemudik mulai berdatangan di kampung halaman. “Pemda agar bisa memfasilitasi pemudik yang menggunakan transportasi umum ke rumahnya masing-masing,” tuturnya.

Ketua DPR RI meminta pemda memastikan kesiapan sarana dan fasilitas serta petugas yang diperlukan di tempat-tempat wisata dan tempat keramaian lain yang kerap menjadi tujuan masyarakat berwisata pada momentum liburan Lebaran.

Puan mengingatkan, calon pemudik untuk memanfaatkan transportasi massal seperti kereta api, bus, atau kapal laut guna mengantisipasi lonjakan kendaraan dan kepadatan lalu lintas di jalur darat pada momen mudik Lebaran 2023. “Apalagi, beberapa instansi pemerintah mengadakan program mudik gratis dengan transportasi massal,” jelasnya.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, Puan mengingatkan untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara, serta memperhatikan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingat cuaca tidak menentu yang kiranya akan menjadi kendala bagi para pemudik.

Baca juga:  Dewan Pers Tegaskan Belum Ada Perubahan Tanggal HPN

“Saya ingatkan untuk selalu menjaga keselamatan. Apabila mengantuk saat berkendara, segera beristirahat dan jangan dipaksakan. Selalu utamakan keselamatan di jalan,” katanya.

Terakhir, Puan meminta masyarakat untuk terus mewaspadai peredaran virus COVID-19 selama momentum Lebaran 2023 lantaran terjadi peningkatan kasus COVID-19 saat ini.

Puan pun berharap masyarakat dapat menikmati momen liburan Idulfitri 1444 Hijriah dengan khidmat bersama keluarga maupun orang-orang terkasih. “Saya mengucapkan selamat mudik, rayakan kembalinya kemeriahan silaturahmi Idulfitri bersama keluarga di kampung halaman,” ujar Puan. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *