Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Bali, Putu Anom Agustina. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (17/4) sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Ribuan WNA Miliki KTP Bali

DENPASAR, BALIPOST.com – Fenomena Warga Negara Asing (WNA) memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik Provinsi Bali ternyata tidak sedikit. Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Bali mencatat, sejak 2022 – 2023, sebanyak 2.410 WNA memiliki KTP Bali. Jumlah ini tersebar di Disdukcapil Kabupaten/Kota di Bali.

Jumlah WNA memiliki KTP Bali terbanyak di Kabupaten Badung, yaitu 1.385 orang. Disusul Kota Denpasar 473 orang, Kabupaten Gianyar 201 orang, Kabupaten Tabanan 184 orang, Kabupaten Klungkung 86 orang, Kabupaten Buleleng 49 orang, Kabupaten Bangli 21 orang, dan Kabupaten Jembrana 11 orang. Sedangkan di Kabupaten Karangasem nihil.

Selengkapnya baca di sini

2. Baru Selesai Diperbaiki, Aspal Jalur Utama ke Besakih Kembali Rusak

Baca juga:  Aksi Tolak Reklamasi, "Lelancingan" 150 M Tutupi Depan Kantor Gubernur

AMLAPURA, BALIPOST.com – Jalur utama menuju Besakih tepatnya di perbatasan Desa Besakih-Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem kembali rusak di sejumlah titik. Padahal akses jalan tersebut baru-baru ini selesai diperbaiki sebelum pelaksanaan upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Senin (17/4), jalan yang rusak “mapludutan” tersebut berada sekitar 500 meter dari perbatasan Desa Besakih-Desa Menanga. Akses jalan mengelupas dan hancur di sejumlah titik.

Selengkapnya baca di sini

3. Kapolda Bali Lepas Ratusan Warga Mudik Gratis ke Jatim

DENPASAR, BALIPOST.com – Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, didampingi Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas melepas mudik gratis di Terminal Ubung, Denpasar Utara, Senin (17/4). Sebanyak 406 pemudik dilepas menggunakan delapan bus tujuan Jawa Timur yaitu Banyuwangi, Situbondo, Pasuruan, Bondowoso, Sidoarjo dan Surabaya.

“Kita berharap dengan program ini menjadi satu bagian dari upaya Polri berbagi dan juga mengatasi kepadatan lalu lintas yang akan terjadi saat hari-hari liburan Idul Fitri. Puncak arus mudik diperkirakan diperkirakan tanggal 19-20 yaitu H-3 Lebaran,” tegas Irjen Putu Jayan.

Baca juga:  Memasuki Musim Penghujan, Disdikpora Imbau Kepsek Cek Kondisi Gedung Sekolah

Selengkapnya baca di sini

4. Sidang Praperadilan Rektor Unud Digelar, Kuasa Hukum Pertanyakan Penetapan Tersangka

DENPASAR, BALIPOST.com – Sesuai janjinya, jaksa selaku termohon praperadilan hadir pada Senin (17/4) dalam praperadilan yang diajukan Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng. Pengajuan praperadilan ini dilakukan pascapenetapan Rektor Unud sebagai tersangka dalam kasus dugaan dalam perkara dugaan korupsi Dana Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Udayana (Unud) pada jalur mandiri Tahun Akademik 2018/2019 sampai dengan Tahun Akademik 2022/2023, atau 2018-2022.

Sehingga oleh hakim praperadilan, Agus Akhyudi, S.H, M.H., pemohon diminta membacakan permohonannya. Rektor Prof. Antara melalui tim kuasa hukumnya, Nyoman Sukandia, Gede Pasek Suardika, dkk., di PN Denpasar mempertanyakan soal unsur melawan hukum yang dilakukan oleh Prof Antara sehingga ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Kejati Bali. Pasek dkk., juga menyampaikan soal semua payung hukum telah dilakukan oleh Unud dalam pelaksanaan SPI jalur mandiri.

Baca juga:  Kelulusan Siswa SMA/SMK Se-Bali Capai 100 Persen, Segini Jumlahnya

Selengkapnya baca di sini

5. Bandara Ngurah Rai Tambah Konektivitas Hongkong

MANGUPURA, BALIPOST.com – Maskapai Hong Kong Airlines kembali membuka rute Hongkong-Denpasar-Hongkong untuk pertama kalinya setelah pandemi Covid-19, Senin (17/4). Tambahan rute ini semakin menambah konektivitas antara Hongkong dan Bali yang sebelumnya hanya dilayani oleh maskapai Cathay Pacific.

Pesawat Hong Kong Airlines dengan nomor penerbangan CRK707 perdana mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 06.30 WITA dengan membawa 146 penumpang asal Hongkong. Pesawat dengan tipe Airbus A333 tersebut kembali terbang ke Hongkong pada pukul 09.05 WITA dengan membawa 281 penumpang.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN