Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, didampingi Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas melepas mudik gratis di Terminal Ubung, Denpasar Utara, Senin (17/4). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, didampingi Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas melepas mudik gratis di Terminal Ubung, Denpasar Utara, Senin (17/4). Sebanyak 406 pemudik dilepas menggunakan delapan bus tujuan Jawa Timur yaitu Banyuwangi, Situbondo, Pasuruan, Bondowoso, Sidoarjo dan Surabaya.

“Kita berharap dengan program ini menjadi satu bagian dari upaya Polri berbagi dan juga mengatasi kepadatan lalu lintas yang akan terjadi saat hari-hari liburan Idul Fitri. Puncak arus mudik diperkirakan diperkirakan tanggal 19-20 yaitu H-3 Lebaran,” tegas Irjen Putu Jayan.

Baca juga:  Kemenhub Mulai Buka Pendaftaran Mudik Gratis

Program mudik gratis ini merupakan kolaborasi Polda Bali, Polresta Denpasar dan Polres Gianyar. Sebelum diberangkatkan, seluruh pemudik, sopir dan kondektur bus dilakukan pengecekan kesehatan dan pemberian vitamin dari Tim Dokes Polresta Denpasar.

Selanjutnya dilakukan registrasi oleh Tim Srikandi Presisi Polresta Denpasar saat mulai dari registrasi hingga masuk. Kapolda menyampaikan, sebagaimana arahan pimpinan dan wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat yang membutuhkan, polda bersama Ditlantas, Polresta Denpasar dan Polres Gianyar mengelar mudik gratis mengingat wilayah tersebut merupakan central warga yang akan melakukan mudik.

Baca juga:  Jatuh saat Paragliding, Pria Korsel Tewas

Ditambahkan jenderal bintang dua ini, kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya Polri mengatasi kepadatan lalu lintas dengan mengelar mudik gratis yang terpimpin, terorganisir dan dikawal sampai tujuan dengan selamat. Sedangkan untuk kesiapan jalur mudik, Polda Bali sudah memetakan kerawanan dan kepadatan yang mungkin terjadi dari jalur utama yaitu Denpasar sampai Pelabuhan Gilimanuk.

Selain itu telah ditempatkan personel di Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan. Tugasnya melakukan pemantauan dan pengamanan arus mudik.

Baca juga:  Ganti Oli Gak Pakai Antri, 158 AHASS Bali Siapkan Pit Express

Sementara itu, Kapolresta Bambang Yugo mengatakan melalui mudik gratis ini keselamatan pemudik lebih terjamin dan aman, “Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi mudik menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor). Manfaatkan fasilitas umum. Oleh karena itu Polresta Denpasar dan Polres Gianyar menyiapkan program Mudik Gratis ini,” tegasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN