Pelaku pengganti kode batang QRIS pada kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Kamis (6/4/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pria yang diduga pelaku penipuan stiker pembayaran daring menggunakan kode batang (QRIS) di sejumlah masjid di wilayah Metro Jakarta Selatan, ditangkap Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan. Pelaku ditangkap gabungan dengan Polda Metro Jaya. Demikian disampaikan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus di Jakarta, dikutip dari Kantor Berita Antara, Selasa (11/4).

Irwandhy menerangkan, pelaku ditangkap di salah satu lokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Namun dia tidak bisa merinci lebih lanjut.

Baca juga:  Presiden Sebut Dua Parameter Makroekonomi Ini Mulai Meningkat

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Iman Blok M Square menyatakan, pihaknya sudah menerima uang yang dikirim oleh diduga pelaku ke rekening masjid. “Iya kami sudah menerima, tapi itu kan belum tentu uang jamaah, bisa jadi uang dari mana saja, dari QRIS yang tersebar,” ujar DKM Masjid Nurul Iman Blok M Square Habibi Katin saat dihubungi.

Hingga kini pihaknya masih menunggu penjelasan alasan pelaku melakukan aksinya di sejumlah masjid yang ada di DKI Jakarta.

Baca juga:  Diprediksi, Cuaca September Masih Kering

Sebelumnya, polisi mencatat satu korban dugaan penipuan stiker pembayaran daring menggunakan stiker QRIS milik masjid ke pihak lain oleh pelaku yang beraksi di Jakarta Selatan. “Kami langsung cek TKP setelah menerima laporan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Pancoran tentang dugaan penipuan,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi, Senin (10/4).

Selama proses penyelidikan, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin menyumbang melalui QRIS untuk berkoordinasi dengan DKM setempat agar sumbangan yang disalurkan tepat sasaran. “Kami akan komunikasi, melihat barang bukti, hingga gelar TKP guna mencari siapa yang telah mentransfer ke QRIS palsu tersebut,” katanya.

Baca juga:  Ngaku Dikorbankan, Ini Janji Alit Saat Sidang

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus menyatakan, penipuan tersebut merupakan modus baru, yakni meniru kode batang kotak amal di tempat ibadah. “Untuk saat ini indikasinya sudah lebih dari satu lokasi, yakni Kebayoran Lama, Pancoran, Pondok Indah dan Kalibata,” ujar Irwandhy. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN