Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Wacana lima partai politik membentuk koalisi besar untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, merupakan ide dari ketua umum (ketum) lima parpol. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia.

Kelima parpol tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, PKB, PAN, dan PPP. “Ini idenya dari kelima parpol yang kemudian disambut baik Pak Jokowi,” ujar Doli di Kompleks Parlemen DPR RI, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (4/4).

Baca juga:  ICW Sebut Ini 4 Modus Terbanyak Pelaku Korupsi

Doli mengungkapkan bahwa koalisi besar dibentuk demi kepentingan bangsa dan negara. Untuk itu menurut dia, Presiden Jokowi mengapresiasi ide menggabungkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

“Kami juga melihat bahwa beliau (Presiden Jokowi) hadir bahkan kemudian menyampaikan pernyataan cocok,” katanya.

Sebelumnya, Doli juga menuturkan wacana pembentukan koalisi besar dengan menggabungkan KIB dengan KIR dapat menciptakan pemerintahan yang stabil ke depannya. “Bisa jadi pembelajaran politik bahwa koalisi besar pemerintahan itu kalau dibangun sejak awal dan sudah bisa menemukan kesamaan visinya, platformnya, ini kan akan baik, pemerintah mendatang akan stabil,” kata Doli di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (3/4).

Baca juga:  Anggota KPU dari 9 Provinsi Dilantik, Diminta Langsung Kerja

Menurut dia, dengan merangkul kekuatan besar maka dapat memperluas perspektif serta menghimpun energi dalam membangun bangsa Indonesia yang merupakan negara besar dengan jumlah penduduk yang tak sedikit.

“Semakin besar sinergi kekuatan politik itu tentu akan diharapkan bisa punya energi lebih besar juga untuk membangun bangsa Indonesia ke depan,” tuturnya.

Doli juga menyebut pembentukan koalisi besar sebagai strategi untuk memperlebar peluang dalam meraih kemenangan pada Pilpres 2024.

Baca juga:  Indonesia Masuki Gelombang Keempat Penularan Covid-19

Dia mengatakan bahwa saat ini partai-partai politik di KIB dan Koalisi KIR terus bersinergi dalam mematangkan konsep pembentukan koalisi besar untuk mensukseskan Pemilu 2024. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN