Pedagang di Pasar Kumbasari melayani pembeli. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Revitalisasi Pasar Kumbasari kembali akan dilakukan tahun ini. Bila sebelumnya menyasar tampilan luar, kini akan menyasar ornamen di bagian dalam bangunan dan akan berimbas pada puluhan pedagang di 4 lantai.

Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Ida Bagus Kompyang Wiranata, Jumat (31/3) mengungkapkan, proses revitalisasi Pasar Kumbasari saat ini sudah memasuki tahap finalisasi. Tahapan terakhir yang dilakukan yakni duduk bersama dengan tim konsultan perencana untuk menentukan lokasi yang akan dilakukan revitalisasi.

Dikatakan, selain proses revitalisasi, sosialisasi secara internal kepada pedagang juga sudah dilakukan karena akan menyasar selasar Pasar Kumbasari. Pedagang juga sudah diberikan sosialisasi secara internal. “Nanti akan secara formal juga kami lakukan,” jelasnya.

Baca juga:  Diusulkan Ada Jembatan Penghubung antara Pasar Badung dan Kumbasari

Menurutnya, revitalisasi akan dilakukan pada lantai 1, 2, 3 dan lantai 4. Lantai 1 akan dirubah menjadi tempat parkir. Ada 33 pedagang yang terimbas pada lantai 1. Namun, mereka akan digeser ke belakang karena akan diperlebar.

Sementara untuk lantai 2 yang terimbas sebanyak 16 pedagang. Pedagang tersebut juga akan digeser ke atas dak dari lantai 1.

Pihaknya tidak akan memindahkan pedagang ke lokasi lain karena proses berjualan harus tetap berjalan. Para pedagang akan dibuatkan tempat terlebih dahulu sebelum dilakukan pembongkaran untuk parkir.

Baca juga:  Ini Hasil Rapid Test Warga Perum Pondok Galeria

“Teknis pengerjaannya nanti untuk lantai 1 akan dibuat dulu tempat untuk 33 pedagang karena di belakang ada masih lahan akan dibuatkan di sana. Setelah selesai disekat terus di dak dan finishing baru pedagang dipindahkan dan lanjut pembuatan parkir. Yang lantai dua akan menempati di atas dak lantai 1,” ungkapnya.

Mantan Ketua Komisi II DPRD Kota Denpasar dari Fraksi PDIP ini mengatakan, untuk pedagang di lantai tiga juga akan berimbas sebanyak 6 pedagang. Pedagang-pedagang tersebut akan ditempatkan di lantai 4 yang nantinya juga akan mendapat perbaikan yang akan digunakan pusat sentra Industri Kecil Menengah (IKM).

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Paparkan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Badung

Di lantai 2 dan 3 beberapa tempat pedagang akan dibongkar karena akan dibuat mini hole sebagai tempat duduk pengunjung. “Selama ini mini hole ini belum ada. Tujuan kami kan untuk menghidupkan Pasar Kumbasari karena akan dijadikan pusat oleh-oleh. Sebab di sana memang jualannya pernak-pernik untuk oleh-oleh,” ujarnya.

Gus Kowi menambahkan, proses pengerjaan ditarget sudah mulai bulan Mei 2023 dan selesai bulan Desember 2023. Proyek revitalisasi fisik ini dianggarkan sekitar Rp 15 miliar dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Denpasar. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN