Danrem 163/Wira Satya yang baru Kolonel Inf Agus Muchlis Latif mengikuti tradisi penyambutan Tepung Tawar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Danrem 163/Wira Satya diganti, Kolonel Inf Agus Muchlis Latif, SIP, M.M. menggantikan Brigjen TNI Choirul Anam. Sebagai pejabat baru, Kolonel Agus mengikuti tradisi penyambutan Tepung Tawar, Senin (27/3) di depan Lobi Makorem, Denpasar.

Plh. Kapenrem 163/Wira Satya, Kapten Kav Joyo Wibowo menjelaskan, acara tersebut merupakan tradisi satuan yang sudah berlangsung rutin setiap ada pejabat baru yang akan memimpin korem. “Kegiatan dimulai dari kedatangan pejabat baru melalui pintu 1 Makorem 163/Wira Satya, lalu menuju depan lobi untuk mengikuti prosesi tradisi Tepung Tawar,” katanya.

Baca juga:  Pengamanan Nyepi, Korem "Back Up" Penuh Pemda

Kegiatan dipandu atau dipimpin oleh pemuka agama Hindu korem, Pinandita Letda Inf I Nyoman Wardika. Makna dari tradisi tersebut sebagai penghormatan terhadap warga baru atau tamu dengan harapan akan tercipta hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia dan alam semesta sesuai konsep Tri Hita Karana. “Selain itu juga mengandung makna penyucian diri secara lahiriah dan bathiniah,” ujarnya.

Baca juga:  Kepemilikan Narkoba 2 Kilogram, WN Jerman Dituntut 15 Tahun

Terkait prosesinya, Pinandita Wardika memoleskan tepung tawar di tangan, badan dan kaki Kolonel Agus serta istrinya. Selanjutnya dipoleskan arang, pemakaian benang tridatu dan terakhir dipercikan tirta (air suci). (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN