Suasana penyeberangan di Selat Bali. (BP/olo)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Minggu (19/3) sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Penyeberangan Selat Bali Akan Ditutup 24 Jam, Pelabuhan Ketapang Ditutup Lebih Dulu

NEGARA, BALIPOST.com – Penyeberangan laut ke Bali dari Jawa, Ketapang-Gilimanuk akan ditutup selama 24 jam mulai Selasa (21/3) malam untuk menghormati himbauan pemerintah Provinsi Bali terkait perayaan Hari Raya Nyepi di Pulau Bali. Selama dua hari menjelang penutupan ini diprediksi akan ada peningkatan lalu lintas angkutan khususnya logistik.

Para pengguna jalur transportasi diharapkan memperhatikan jadwal penutupan pelabuhan selama sehari semalam ini. Penutupan operasional Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang dan sebaliknya dimulai pada Selasa (21/3) pukul 23.00 WITA.

Selengkapnya baca di sini

Baca juga:  Di Pegubungan, Ratusan Ternak Ayam Mati Diterjang Banjir

2. Ribuan Warga Padati Parade Ogoh-Ogoh di Catur Muka

DENPASAR, BALIPOST.com – Parade 12 ogoh-ogoh yang merupakan nominator lomba Ogoh-Ogoh tingkat Kota Denpasar digelar di Catur Muka, Sabtu (18/3). Ribuan warga tumpah ruah menyaksikan parade yang mengambil rute dari Jalan Sugianyar melintasi Jalan Udayana, kemudian mengelilingi Patung Catur Muka dan berakhir di Jalan Surapati depan Gedung Jaya Sabha.

Parade ogoh-ogoh diawali dengan ogoh-ogoh yang diusung anak-anak TK kemudian disusul ogoh-ogoh peraih nominasi. Jumlah ogoh-ogoh anak-anak sebanyak 13 dari sejumlah TK di masing-masing kecamatan.

Selengkapnya baca di sini

3. Main Keroyok di Bypass Ngurah Rai, Dua Orang Ditangkap

DENPASAR, BALIPOST.com – Kasus pengeroyokan terjadi di Jalan Bypass Ngurah Rai, Denpasar Timur (Dentim), Kamis (16/3). Korbannya, Muna’ah (32) mengalami luka di kepala. Terkait kasus ini, polisi menangkap pelakunya berinisial MS dan Ah.

Baca juga:  Belasan Hewan di TNBB Ditembak Mati, Polres Buleleng Sudah Kantongi Pelakunya

Saat dikonfirmasi terkait kejadian ini, Kapolsek Dentim Kompol Nengah Sudiarta, Minggu (19/3) membenarkan adanya pengungkapan kasus ini. “Untuk motifnya masih didalami karena para pelaku masih diperiksa,” ujarnya.

Selengkapnya baca di sini

4. Gibran dan Jan Ethes Ikuti Kirab Nyepi di Solo

SURAKARTA, BALIPOST.com – Untuk pertama-kalinya, Kota Surakarta menggelar kirab dan pentas kesenian menyambut Hari Raya Nyepi yang dipusatkan di kantor Balaikota Surakarta, Sabtu (18/3) sore. Rangkaian Hari Raya Nyepi 1945 Caka ini juga diisi pawai ogoh-ogoh dari Solo, Klaten, Jogjakarta, hingga Gunung Kidul.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berjalan mengikuti kirab umat Hindu di Solo Raya bersama putranya, Jan Enthes Srinarendra mengenakan pakaian adat madya Bali. Gibran dan Jan Enthes berbaur bersama barisan pemangku dan PHDI berjalan mengelilingi jalan utama depan Balaikota Surakarta hingga simpang gerbang Gladak dan kembali ke Plaza Balaikota.

Baca juga:  Segera Di-SP3, Lakalantas Indra Navicula

Selengkapnya baca di sini

5. Melasti, Umat Hindu Padati Pantai Padanggalak

DENPASAR, BALIPOST.com – Rangkaian pelaksanaan tawur kesanga dan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945, diawali dengan upacara melasti. Kegiatan melasti ini dilakukan oleh masing-masing desa adat sebagai simbol menyucikan alam semesta dan juga diri sendiri yang bertempat di laut dan juga sumber air lainnya.

Seperti yang terlihat di sejumlah pantai di Denpasar, Minggu (19/3) beberapa titik melasti  di Denpasar, di antaranya Pantai Padanggalak, Pantai Sanur, Sindu, Segara, sampai di Mertasari. Suasana ramai sudah terlihat sejak subuh, terutama di Pantai Padanggalak, Kesiman.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN