Salah satu nominator lomba ogoh-ogoh mengikuti parade pada Kasanga Festival di Catur Muka, Denpasar, Sabtu (18/3). Sebanyak 12 ogoh-ogoh yang menjadi juara dari empat kecamatan di Kota Denpasar mengikuti parade tersebut. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Parade 12 ogoh-ogoh yang merupakan nominator lomba Ogoh-Ogoh tingkat Kota Denpasar digelar di Catur Muka, Sabtu (18/3). Ribuan warga tumpah ruah menyaksikan parade yang mengambil rute dari Jalan Sugianyar melintasi Jalan Udayana, kemudian mengelilingi Patung Catur Muka dan berakhir di Jalan Surapati depan Gedung Jaya Sabha.

Parade ogoh-ogoh diawali dengan ogoh-ogoh yang diusung anak-anak TK kemudian disusul ogoh-ogoh peraih nominasi. Jumlah ogoh-ogoh anak-anak sebanyak 13 dari sejumlah TK di masing-masing kecamatan.

Baca juga:  Korban Jiwa COVID-19 Bertambah Empat Puluhan Orang

Parade ogoh-ogoh ini juga dikemas dalam Kasanga Festival yang telah berlangsung sejak Jumat (17/3). Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didmapingi Wakil Wali Kota Denpasar, I  Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemkot Denpasar, Pasikian Yowana Kota Denpasar diharapkan mampu menjadi wahana kreativitas tanpa batas Yowana Denpasar di bidang seni ogoh-ogoh.

Jaya Negara menyambut baik kegiatan yang baru pertama kali ini digelar. “Apa yang menjadi kegiatan hari ini tentu akan dievaluasi untuk kegiatan di tahun mendatang. Terlebih, respon masyarakat cukup baik terhadap kegiatan parade ini,” ujar Jaya Negara usai kegiatan parade. Dalam parade ini juga dilakukan penilaian ogoh-ogoh untuk dikirim ke provinsi.

Baca juga:  Desa Adat Sekartaji Jaga Kelestarian Alam Pertanian

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan penilaian pemenang ogoh-ogoh yang akan dikirim ke provinsi langsung dilakukan pleno usai parade oleh tim juri. Hanya saja, siapa pemenangnya akan dikirim langsung ke provinsi. “Nanti provinsi yang akan mengumumkan tiga pemenang yang dikirim tersebut,” ujar Raka Purwantara.

Sebelumnya, Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar, A.A. Made Angga Harta Yana menjelaskan, Kasanga Festival yang tetap berpedoman pada spirit Vasudhaiva Kutumbakam ini mempertemukan beragam bidang, mulai dari Ogoh-ogoh STT, Ogoh-Ogoh Mini, Ogoh-Ogoh TK/PAUD, Sketsa Ogoh-Ogoh, UMKM, kerajinan, kriya, clothing, merchandise, serta kuliner. Didalam arena Kesanga Festival, turut dipamerkan 12 karya terbaik STT se-Kota Denpasar yang berasal dari 4 Kecamatan. (Asmara Putera/balipost)

Baca juga:  Siang Ini, Puncak Palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung Dilaksanakan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *